trustnews.id

Sosialisasi Empat Pilar “Pancasila Identitas Berbangsa dan Bernegara
Foto: istimewa

Pada Selasa, 9 Februari 2021 di Jakarta, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH., Anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR secara Fisik dan virtual dengan tema “Pancasila Identitas Konstitusi Berbangsa dan Bernegara”.

Menurut Prof. Jimly Pancasila bukanlah salah satu pilar dari pilar-pilar bangsa yang lainnya. Akan tetapi Pancasila merupakan dasar dan sumber dari segala sumber hukum. Oleh karena itu Pancasila mengandung nilai yang universal yang akan terus kita tata agar menjadi payung bagi manusia Indonesia.

Negara Indonesia merupakan negara paling banyak menulis kata Tuhan dalam konstitusinya, dengan banyaknya menulis kata Tuhan mestinya harus berbading lurus dengan perilaku warga negaranya yang harus jauh dari perilaku korupsi. Sementara dalam konstitusi negara-negara Eropa tidak mengenal kata Ketuhanan, menurutnya persoalan negara dan agama adalah dua hal yang berbeda. Demikian juga dengan konstitusi Amerika Serikat.

Konstitusi atau Undang-Undang Dasar 1945 bangsa Indonesia merupakan produk kesepakatan kolektif seleruh rakyat Indonesia melalui lembaga MPR RI (DPR dan DPD), yang dalam istilah lain disebut kontak sosial. Sementara undang-undang hanya merupakan kontrak politik perwakilan mayoritas rakyat dan tidak mencerminkan seluruh rakyat Indonesia. Sebab ada juga banyak rakyat Indonesia memilih partai, tetapi tidak lolos ke DPR RI.
Menambahkan lagi dalam sosialaisi empat pilar bahwa niali-nilai Pancasila harus tercermin dalam perilaku warga Negara Indonesia bukan dalam pendidikan saja, tetapi dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk karakter building.