trustnews.id

Jamkrindo Hackathon Challenge (JHC)
Rangkaian HUT kali ini dimulai dari launching logo HUT ke-49 dan kompetisi Jamkrindo Hack Marathon Challenge

Jamkrindo Hackathon Challenge (JHC)

BISNIS Minggu, 16 Juni 2019 - 07:42 WIB TN

Perum Jamkrindo kembali mengadakan kompetisi hack marathon bertema Guarantee Technology pertama di Indonesia. Dalam rangka memperingati HUT ke-49, Perusahaan umum Penjaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) kembali menggelar kompetisi Jamkrindo Hackathon Challenge (JHC). Kompetisi yang telah digelar kedua kalinya ini merupakan kompetisi hack marathon bertema Guarantee Technology.
Direktur Utama Perum Jamkrindo, Randi Anto, mengatakan, dengan bertransformasi melalui pengembangan fitur dan teknologi baru, khususnya di bidang penjaminan kredit bagi UMKM, pihaknya dapat menemukan dan menciptakan alternatif produk penjaminan baru sehingga masyarakat khususnya generasi milenial di Indonesia dapat semakin mudah dan cepat dalam memperoleh akses pembiayaan serta penjaminan kredit bagi UMKM.
Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi pasar di ekosistem digital sehingga dapat menciptakan produk baru penjaminan kredit UMKM yang kemudian dapat memberikan revenue serta benefit bagi perusahaan.
"Melalui kompetisi ini kami berharap lahir aplikasi yang dapat mendukung serta memberikan kecepatan dari sisi layanan dan produk Penjaminan bagi UMKM," jelasnya dalam acara launching logo HUT Ke-49 Perum Jamkrindo.
Hackathon atau hacking + marathon yaitu momentum berkumpulnya programmer, project manager, ICT researcher/ enthusiast untuk membangun aplikasi (hacking) untuk menyelesaikan masalah tertentu.
“Dalam dua tahun terakhir kita melakukan hackthon karena harapannya kita bisa mendapatkan aplikasi untuk solusi operasi dan bisnis dengan cepat,” ujarnya. 
Hackathon atau hacking + marathon yaitu momentum berkumpulnya programmer, project manager, ICT researcher/ enthusiast untuk membangun aplikasi (hacking) untuk menyelesaikan masalah tertentu. Pembuatan aplikasi ini dilakukan sangat singkat (1-3 hari) alias marathon. Peserta membentuk sekitar 3 – 5 orang, membawa laptop mereka (jika acara bertema teknologi) dan menyelam ke dalam masalah untuk memecahkan masalah sistem dan teknologi.
Peserta Hackthon 2019 terdiri dari mahasiswa maupun masyarakat umum baik perorangan maupun kelompok anggota maksimal tiga orang. 10 peserta dengan karya terbaik akan mendapatkan apresiasi dari Perum Jamkrindo.
Sepuluh peserta tersebut akan men-dapatkan total hadiah sebesar Rp200 juta dimana juara 1 mendapatkan Rp75 juta, juara 2 Rp50 Juga, juara 3 Rp30 Juta dan 7 finalis lain nya masing-masing Rp7,5 Juta.
Di sisi lain, menurut Randi, Jamkrindo sudah berjalan jauh dalam melaksanakan fungsi dan tanggung jawab sebagai Perusahaan Penjaminan. Dimulai sejak berdirinya Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) tahun 1970 hingga akhirnya bertransformasi menjadi Perum Jamkrindo.
“Perjalanan yang sangat panjang ini menjadikan peluang sekaligus tantangan khusus bagi insan Jamkrindo untuk tetap eksis dalam segala hal. Sebagai wujud kontribusi nyata, mari kita bekerja dengan senantiasa melakukan perbaikan secara berkesinambungan (continuous improvement) untuk mampu lebih baik dan progresif,” ajak Randi Anto dalam sambutan launching logo HUT Jamkrindo ke-49 di gedung Jamkrindo, kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).
Terkait dengan logo mengandung tema “Bekerja Bersama Membangun Bangsa”, Randi mengatakan, selaras dengan Visi Perusahaan, tagline tersebut diharapkan mampu merefleksikan peran Jamkrindo menjadi pilihan utama pelaku usaha dalam layanan penjaminan untuk mendukung pertumbuhan dan pemerataan perekonomian nasional secara progresif di seluruh Indonesia.
“Sejalan dengan Misi Perusahaan, tema tersebut memiliki semangat memberikan pelayanan terdepan yang professional, efektif efisien dan sinergi secara berkelanjutan sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh Negeri,” ujar Randi didampingi seluruh direksi.
Tema ini, lanjut Randi Anto, merupakan penggambaran konsep perubahan yang didasari semangat sinergi dan kolaborasi melalui kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ‘Kinerja” Jamkrindo mampu dirasakan semua pihak dengan mengedepankan nilai improvisasi, sosial, memiliki sudut pandang yang luas, bersifat kolaborasi dan sinergi.
Kemudian diinterpretasikan dalam konsep pertumbuhan cemerlang yang didasari semangat produktif dan proaktif dalam pencapaian tujuan (goal) melalui kegiatan yang bernilai efektif, efisien, engagement, berorientasi pelanggan, dan soliditas tim.
Jamkrindo akan terus berkomitmen memperluas pasar penjaminan dengan membuka kerja sama baru kepada perbankan, nonperbankan, dan BUMN, serta melakukan kajian-kajian strategis menciptakan produk penjaminan sesuai dengan yang ditawarkan perbankan/nonbank.
Sebagai satu-satunya perusahaan BUMN yang bergerak dalam industri penjaminan, klaim dia, fungsi dan peran Jamkrindo memberikan jaminan atas pemenuhan kewajiban finansial terjamin khusus UMKM kepada penerima jaminan, termasuk diantaranya menjamin KUR, produk eksisting lain, dan suretyship mitra perbankan dan lembaga non-bank.
Jamkrindo terus melakukan improvisasi menambah ragam produk yang dimiliki. Terbukti tahun 2017, Jamkrindo telah menggandeng 2 Perusahaan Startup yang bergerak di bidang Teknologi Keuangan atau Financial Technology (fintech).
Jamkrindo juga turut melaksanakan dan menunjang kebijakan serta program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional, dengan melaksanakan kegiatan penjaminan kredit kepada Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah serta Koperasi.(TN)