trustnews.id

Bupati Sampaikan LKPJ Tahun 2019
Foto: istimewa

Bupati Sampaikan LKPJ Tahun 2019

DAERAH Rabu, 29 April 2020 - 13:19 WIB TN

Martapura, InfoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun anggaran 2019 pada  Rapat paripurna DPRD Kabupaten Banjar, di ruang Rapat Paripurna DPRD Banjar, Rabu (29/4/2020).

Rapat tersebut  langsung dipimpin oleh ketua DPRD kabupaten Banjar Muhammad Rofiqi, dihadiri juga oleh Sekda Banjar HM Hilman, perwakilan Forkopimda, serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar dengan protop digelar secara virtual lewat video conference sebagai bentuk penerapan physical distancing di tengah pandemi virus korona ini.

Pada pidatonya Bupati Banjar melalui video conference sebagai bentuk penerapan physical distancing di tengah pandemi virus corona di Command Center Barokah. Ia  menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kesempatan yang sudah diberikan untuk dapat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2019.

Bupati Banjar menyampaikan sejumlah hal pokok dari penyelengaraan program kegiatan pada tahun 2019 dengan indikator kinerja, target kinerja serta capaian kinerja sebagaimana visi Pemerintah Kabupaten Banjar mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan barokah,.

Pencapaian kinerja di bidang Kesehatan mendapatkan penghargaan Penghargaan “Pastika Parama” karena telah menetapkan dan  menerapkan Perda  Kawasan tanpa rokok (KTR) yaitu Perda  Nomor 15 Tahun 2017  Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) serta penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dengan Predikat Swasti Saba Padapa yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Pembangunan di Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang mendapatkan apresiasi dari pihak luar yaitu program penghapusan jamban apung. Beberapa penghargaan yang diterima terbaik III Kategori Kinerja Penyelenggaraan Penataan Ruang Kabupaten/Kota di Wilayah Timur 2019 dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau ATR/BPN serta Penghargaan TOP BUMD 2019 oleh PDAM Intan Banjar terdiri dari Top Pembina BUMD 2019, TOP BUMD Sektor serta TOP BUMD Best All Criteria dalam rangka pelayanan air bersih.

Pencapaian kinerja bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten banjar menerima tiga penghargaan yaitu kategori penghargaan Layak Anak Tingkat Pratama Tahun 2019, kategori penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) tingkat madrasah aliyah dan kategori penghargaan Pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

Apresiasi terhadap Kinerja Kabupaten Banjar di Bidang Lingkungan Hidup Pemerintah memberikan piala adipura tahun 2019 untuk yang ke-7 kali secara berturut-turut. Pemerintah Kabupaten Banjar telah mendapatkan penghargaan berupa Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 oleh Kementerian Kominfo RI.

Bidang kepemudaan kabupaten Banjar mendapatkan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Pemuda tahun 2019 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI kategori Pratama. Dalam rangka melestarikan budaya lokal yang bersifat religius telah diadakan event budaya antara lain; festival bedug, pasar wadai ramadhan, Festival Maulid Habsyi, Festival Sinoman Hadrah, Hari Santri Nasional serta peningkatan sektor pariwisata, Banjar Bershalawat, Event Muharram, dan Festival Jukung Tanglong.

Bidang kearsipan yaitu berupa Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 dengan kategori “Memuaskan” dengan nilai 85,36 untuk Kabupaten/Kota se Indonesia. Pembangunan sektor pertanian meningkatkan indeks pertanaman dikembangkan inovasi melalui “Banjar Sapa Plus (betanam banih jajar legowo sekali mewiwit dua kali panen) dan melalui kegiatan nasional SERASI (selamatkan rawa sejahterakan petani).

Kinerja yang pada pengelolaan keuangan daerah yakni diperolehnya Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali secara berturut-turut.

Bupati Banjar mengungkapkan keberhasilan pencapaian target-target dari indikator tersebut didukung oleh sumber daya yang efisien, serta hal tersebut berimplikasi terhadap efisiensi anggaran.

“Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah merupakan hasil kerjasama yang baik antara masyarakat, DPRD, pemerintah daerah termasuk juga peran dari instansi vertical,” ungkapnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs)