trustnews.id

Ketua Dekranasda Banjar Dukung Pelaku IKM Survive Di Masa Pandemi
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik – Pandemi covid-19 berimbas di berbagai sektor bidang, salah satu di antaranya sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Hal tersebut membuat Ketua Dekranasda kabupaten Banjar, Hj Raudathul Wardiyah didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banjar, I Gusti Made Suryawati melakukan kunjungan ke tempat pembuatan minuman herbal temulawak jahe pada IKM di Jalan Inayatullah, Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur, Kamis (4/6/2020).

Kunjungan tersebut dalam rangka membantu pelaku IKM dalam meningkatkan produksinya di tengah wabah pandemi covid-19, melalui Disperindag kabupaten Banjar bekerja sama dengan Disperindag Kalimantan Selatan pada program bimbingan teknis dengan melibatkan IKM yang terdampak pandemi.

Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah mengatakan kunjungan kali ini untuk melihat peserta bimtek dalam proses pembuatan minuman herbal yaitu Temuje yang mana disamping menyehatkan manfaatnya juga meningkatkan imunitas tubuh.

“Pada kegiatan ini kita mengunjungi industri rumahan IKM pembuatan minuman herbal untuk Kesehatan, yang sangat baik untuk menjaga maupun meningkatkan imun tubuh, apalagi disaat pandemi covid-19 ini,” ungkapnya.

Raudathul Wardiyah berharap pelaku IKM seperti pembuatan minuman herbal ini, hasilnya dapat didistribusikan ke dinas-dinas serta petugas medis dengan tujuan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona.

Sementara itu, Kepala Disperindag Banjar I Gusti Made Suryawati menjelaskan proses bimtek ini adalah program Kementrian Perindustrian dengan dukungan dari Disperindag Kalsel bekerja sama dengan Disperindag Banjar untuk memberdayakan IKM yang terdampak covid 19.

“Kita akan terus membantu para pelaku IKM untuk bisa terus survive di masa sulit seperti sekarang, akibat wabah covid-19,” ucapnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga daya tahan tubuh dan tentunya minum-minuman herbal yang teruji bisa meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

Nurlian, pelaku IKM Minuman herbal tersebut menyebutkan produk olahannya memiliki empat produk yakni seperti Temuja (Temulawak Jahe), Pinang Manjakani, Kunyit Asam dan Lemon Jahe. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs)