trustnews.id

Jadi Sentra Kedelai, Tebo Kembangkan Korporasi Benih
Foto: Istimewa
Pertanian

Jadi Sentra Kedelai, Tebo Kembangkan Korporasi Benih

NASIONAL Sabtu, 26 September 2020 - 18:25 WIB Ariyanti

Tebo - Kabupaten Tebo di Provinsi Jambi merupakan salah satu wilayah yang menjadi sentra kedelai nasional. Petani disana sejak dulu menanam kedelai dan mampu memasok 1/3 kebutuhan  kedelai nasional. Hal ini sangat diapresiasi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan memberikan dukungan bantuan fasilitasi sarana produksi di wilayah tersebut.

Dukungan kali ini dilakukan oleh Direktur Perbenihan Tanaman Pangan , Mohammad Takdir Mulyadi, bersama Kepala Dinas Kabupaten Tebo Muhammad Ziadi, Kepala UPTD Provinsi Jambi, dan Camat Kecamatan VII KOTO , melakukan  Panen dan Gerakan Tanam  “Pengembangan Petani Produsen Benih Kedelai Berbasis Korporasi” di  Poktan Harapan Mulya, Kecamatan VII KOTO, Kabupaten Tebo, Jambi , varietas Anjasmoro seluas 25 hektar.

“Kab. Tebo, menjadi proritas secara Nasional dikelola kelembagaannya menjadi Kawasan  Korporasi Kedelai seluas 3.000 -5.000 hektar di tahun 2020", jelas Takdir kala itu. Hal ini menurut Takdir sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi, bahwa Kementan dibawah kepemimpinan Mentan (SYL) terus mendukung Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan (ProPaktani).

Bahkan targetnya akan direplikasi di 134 kabupaten di Indonesia pada tahun 2021. "Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo dan petani, sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan produksi kedelai,” imbuh Takdir.

Takdir juga menjelaskan dampak dari Covid 19 ini, diprediksi dunia akan mengalami krisis pangan sehingga kita harus memenuhi kebutuhan pangan sendiri. “Kita harus bangga, pertanian menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Capaian tersebut ditopang subsektor tanaman pangan yang tumbuh paling tinggi,” ujarnya.

Kehadiran Direktur Perbenihan beserta  jajaran memberikan motivasi dan semangat buat para petani untuk terus memanam kedelai. “Semua permasalahan dan solusi pertanaman kedelai dapat teratasi", demikian diungkap Alfian Camat Kecamatan VII Koto.  


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tebo, M. Ziadi mengutarakan bahwa Tebo merupakan daerah sentra perbenihan di Jambi. “Penangkar benih dari Rimbo Ulu dan para penangkar kedelai di Tebo, ayo terus semangat memajukan bidang perbenihan,” pinta Ziadi.

Bertepatan dengan momentum Hari Tani Nasional, Zaidi mengatakan harus semangat panen dan tanam kedelai.. Untuk memaknai Hari Tani ini, Petani diberikan penghargaan atas segala upaya dan semangat dalam membangun kesejahteraan ekonomi Indonesia. “Petani harus pandai atur pola tanam kedelai, sehingga saat panen mendapatkan harga yang baik dan menguntungkan petani. Petani merupakan pahlawan pangan,” kata Zaidi.