trustnews.id

Kemenkominfo Ajak 8.000 ASN Provinsi Kepulauan Riau Bangun Kesadaran Tentang Literasi Digital
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ajak 8.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Kepulauan Riau untuk membangun kesadaran tentang pentingnya literasi digital bagi aparatur pemerintah dalam kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan untuk ASN Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan dilaksanakan di Hotel HARRIS Waterfront Batam, Kota Batam, Selasa (25/7/2023).

“Sebanyak 8.000 ASN pemerintah daerah, selama kegiatan akan diterangkan tentang apa itu literasi digital, dari digital skill, digital safety, digital ethics, hingga digital culture,” ujar Direktur Pemberdayaan Informatika Boni Pudjianto dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Fungsional dan Teknis BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Anggar Pramudiani Widyaningtyas menekankan bahwa ASN harus mengembangkan kompetensinya dan terus berinovasi agar mampu beradaptasi di era digital, sesuai dengan core value ASN Berakhlak.

“Sesuai dengan core value ASN Berakhlak, khususnya pada poin Kompeten dan Adaptif, memiliki makna agar ASN terus belajar, mengembangkan kapasitasnya, dan terus berinovasi dalam menjalankan tugas. ASN menghadapi era yang selalu bergejolak (dalam perubahan). Kondisi ini dapat terlampaui apabila ASN terus belajar dan antusias dalam menghadapi perubahan,” ucap Anggar.

Kepala BPSDM Provinsi Kepulauan Riau, Any Lindawaty turut memberikan sambutan yang sekaligus membuka kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan. Dalam sambutannya, Any menyatakan bahwa masyarakat Indonesia menghadapi banyak tantangan di bidang digital, sehingga literasi digital berperan penting untuk menghadapi tantangan tersebut.

“Terdapat banyak tantangan yang dihadapi bangsa indonesia karena kurangnya Literasi Digital seperti pornografi, cyberbullying, hoaks, dan sebagainya. Persoalan tersebut merupakan bukti nyata bahwa perkembangan teknologi belum diimbangi dengan peningkatan kesadaran tentang Literasi Digital. Literasi digital bagi ASN dapat menjadi pengimbang hiruk pikuk digital di tengah masyarakat,” jelas Any.

Kegiatan Literasi Digital untuk ASN Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu upaya literasi digital di sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo. Program Indonesia Makin Cakap Digital bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.