trustnews.id

Sinergi Tangkal Korupsi di Kota Tangerang
Dok, Istimewa

Sinergi Tangkal Korupsi di Kota Tangerang

NASIONAL Sabtu, 09 Desember 2023 - 07:59 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengunjungi DPRD Kota  Tangerang untuk melakukan Rapat Koordinasi Program Pemberantasan  Korupsi Terintegrasi, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang, Selasa (07/11/2023). 

Turut hadir dalam rapat ini, Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo,  Wakil Ketua I H. Turidi Susanto,  Wakil Ketua II H. Kosasih, Wakil Ketua  III Tengku Iwan Jaya Syahputra, beserta anggota DPRD Kota Tangerang lainnya. Turut  hadir pula Agus Priyono selaku Kasatgas Direktorat Korupsi dan Supervisi Wilayah II KPK RI dan jajarannya, juga Penyuluh Pemberantasan Korupsi dari Inspektorat  Kota Tangerang. 

Dalam rapat ini membahas bagaimana koordinasi instansi yang berwenang melaksanakan pemberantasan tindak pidana korupsi dan instansi yang bertugas melaksanakan pelayanan publik dan juga sebagai tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Wilayah Kota Tangerang. Kemudian turut dibahas pula mengenai koordinasi, monitoring, dan evaluasi program pemberantasan korupsi terintegrasi untuk wilayah Kota Tangerang dan evaluasi capaian MCP semester I Tahun 2022 di wilayah untuk kota Tangerang.

Pada penyampaian materi Sinergi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, terdapat fokus area dengan 5 Kebijakan Presiden, yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Strategi pemberantasan korupsi dilaksanakan dengan 3 pendekatan, yaitu pendekatan pendidikan masyarakat, pendekatan pencegahan, dan pendekatan penindakan. Menanggapi rapat koordinasi ini, Ketua DPRD Kota Tangerang menyampaikan bahwa pimpinan dan anggota DPRD mengapresiasi dan mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi yang terintegrasi tersebut.

“Selaku pimpinan DPRD Kota Tangerang, kami mengapresiasi dan mendukung KPK dan tim koordinasi yang tidak henti-hentinya memberikan perhatian serius kepada Pemerintah Daerah Provinsi Banten dalammelaksanakan upaya pencegahan yang bertujuan untuk memperkuat tata kelola pemerintahan dan administrasi di wilayah Pemerintahan Kota Tangerang,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa DPRD Kota Tangerang terus menjalin koordinasi yang bagus dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dengan tujuan Kota yang maju, mandiri, sejahtera, dan berlandaskan iman dan takwa. “Terima kasih kepada KPK dan tim pencegahan atas bimbingan dan arahannya,” ucapnya. (TN)