trustnews.id

Pemungutan Suara di Pangkalpinang Berlangsung Kondusif
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang bersama Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung serta Forkopimda Bangka Belitung dan Forkopimda Kota Pangkalpinang melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 005 dan 006 di Kelurahan Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang, Rabu (14/2/2024).

Pantauan di lapangan, sejak pukul 08.00 WIB masyarakat yang terdata di kedua TPS tersebut sudah berduyun-duyun datang untuk menunaikan hak mereka di pesta demokrasi 2024.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali mengatakan, secara umum dari laporan di lapangan dan pantauan pihaknya, konstesasi politik di Bangka Belitung berjalan lancar. Meskipun ada kekurangan, namun hal itu kata Safrizal sudah ditangani secara teknis oleh KPU Provinsi Babel.

“Sejak pagi tadi kita lihat pemungutan suara ini sudah berlangsung dan secara general berlangsung aman dan lancar,” kata dia.

Safrizal menyebut, Forkopimda Babel maupun Forkopimda Pangkalpinang akan mengawal dan siaga membantu segala hal yang bisa dilakukan. Namun tetap proses penyelenggaraan berada di tangan KPU.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan juga sudah menggunakan hak pilihnya di TPS 6 Kelurahan Batin Tikal, Kecamatan Tamansari tadi pagi sebelum memantau TPS bersama Pj Gubernur dan jajaran Forkopimda.

Lusje juga mengapresiasi TPS 005 Kelurahan Bukit Merapin yang menggunakan aksesoris dan menghias sedemikian rupa lokasi pemungutan suara dengan adat melayu. Termasuk petugas di TPS yang menggunakan baju kurung melayu khas Bangka Belitung.

“Ini mencirikan kita sebagai Kota Pangkalpinang dengan budaya melayunya. Sangat luar biasa. Kalau dimasukkan di media sosial dan dilihat banyak orang, orang akan tau Pangkalpinang itu dengan adat melayunya,” kata Lusje.

Dia menyebut, dari hasil pantauan di lapangan, pemungutan suara berlangsung kondusif. Bahkan di TPS yang dikunjunginya itu, sudah 70 persen masyarakat yang sudah datang di pukul 11.00 WIB.

“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan kalau siang ini kita lihat semua berjalan kondusif. Kita harap sampai perhitungan suara juga lancar,” ucapnya.

Dia berharap siapapun yang terpilih nanti adalah yang terbaik, dan masyarakat harus legowo dengan hasil tersebut.

“Harus legowo dengan yang terpilih. Kalau pun pilihannya belum terpilih juga harus legowo, boleh saja kecewa tapi tidak usah lama-lama,” harapnya.