trustnews.id

Desa Bengking Klaten Menjadi Pionir Desa Agro Eduwisata
Istimewa

KLATEN - Desa Bengking yang terletak di Kecamatan Jatinom  menjadi desa pertama di Kabupaten Klaten yang merancang  pembangunan wilayah dengan konsep agro eduwisata. Konsep pembangunan itu memadukan potensi pertanian, pariwisata didukung sektor ekonomi kreatif melalui para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.


Ketua Kelompok Tani Sarana Makmur Desa Bengking, Jatinom Muhammad Wiji Supriyono di acara Ngobrol Pertanian di halaman SD 2 Bengking (Ahad, 20/03) yang dihadiri 100 petani itu menjelaskan kalau konsep Agro Eduwisata adalah pengembangan wisata jalan-jalan sambil belajar.


Intinya adalah Desa Bengking adalah tempat untuk belajar pertanian berikut menikmati suasana desa naik armada transportasi tradisional, yakni gerobak sapi.


“Dulu Desa Bengking dan sekitar banyak budidaya jeruk Jatinom. Karena tidak terkonsep saat panen raya harga jeruk jatuh.  Harga per kg hanya 5 ribu.  Lalu saya ada ide untuk menjual jeruk Jatinom dengan konsep mencicipi gratis lewat facebook. Tiba - tiba saja Bengking banyak tamu.  Mereka penasaran datang mencoba mencicipi jeruk Jatinom” tuturnya.


Pemuda asal Bengking itu mengajak para pemuda desa tidak malu terjun di dunia pertanian.  Setelah diungggah di media sosial ternyata harga jual jeruk Jatinom bisa meningkat 100 persen.  Di sini terbukti kata Wiji, demikian ia akrab disapa teman sebayanya kalau pertanian bisa menjadi jalan menuju sukses.


“Kita itu jangan malas membuka jalan rezeki orang lain.  Di Desa Bengking itu kabarnya desa miskin.  Tapi kalau mau berkunjung ke Bengking, ada UMKM produksi olah pangan hasil pertanian seperti turtela. Belajar bertani seperti menanam cabe, okulasi buah kelengkeng, petik kelengkeg atau panen madu.  Semua ada di Desa Bengking.  Yang lebih sensasional adalah keliling desa naik gerobag sapi. Keren” tambahnya.


Kepala Desa Bengking Suroto yang hadir di acara Ngobrol Pertanian itu menjelaskan kalau keadaan desanya masih kategori miskin ekstrim. Tapi ia mengaku kalau warga desanya tidak mau menyerah. Dari generasi tua sampai pemuda kompak bergotong-royong membangun desa lewat sektor pertanian.


“Desa Bengking itu masuk desa miskin ekstrim. Tapi generasi mudanya semangat.  Didukung kelompok tani bahkan wanita taninya kreatif.  Di bengking ada budidaya buah kelengkeng, madu, sayuran, budidaya pepaya, olah produk pertanian sampai buah durian” jelasnya.


Selain itu konsep agro eduwisata Desa Bengking mempunyai ikon dengan wisata gerobag sapi.  


“Kalau ke Desa Bengking jangan lupa keliling desa naik gerobag sapi.  Para peternak sapi ambil bagian dalam konsep agro eduwisata.  Atau yang suka tantangan naik sapi juga bisa.  Kami berharap kami bisa didukung pemerintah untuk mengembangkan Desa Bengking menjadi Desa agro eduwisata pertama di Klaten” pungkasnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.