trustnews.id

Gelaran Hub Space 2023

Gelaran Hub Space 2023

NASIONAL Kamis, 19 Oktober 2023 - 15:33 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Dalam rangkaian Hari Perhubungan Nasional 2023, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Pameran Transportasi dan Travel Fair Bertajuk "Hub Space" yang berlangsung di JCC Senayan Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 29 September s.d 1 Oktober 2023, diselenggarakan untuk mengenalkan kepada masyarakat berbagai transportasi massal yang telah dibangun, sebagai budaya baru bertransportasi, dan juga berbagai inovasi terkini dan masa depan di sektor transportasi.

Kegiatan pembukaan Hub Space pada Jumat (29/9), dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang sempat mengunjungi beberapa stand booth pameran, didampingi sejumlah menteri dan pihak terkait yaitu: Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Menparekraf Sandiaga Uno, Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, telah banyak kemajuan sektor transportasi yang sudah dirasakan masyarakat. Yang terbaru dibangun yaitu: Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung yang merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara dan LRT Jabodebek.

"Saya ucapkan selamat Hari Perhubungan Nasional kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan dan insan transportasi sekaligus saya ucapkan terima atas kontribusinya pada kemajuan transportasi Indonesia," imbuh Menko Luhut.  

Menko Luhut menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pembangunan infrastruktur transportasi harus mampu menghubungkan kawasan produktif yang sudah ada dan diharapkan dapat merangsang tumbuhnya kawasan produktif baru. Dengan demikian, seluruh masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaatnya.

"Tugas mewujudkan konektivitas transportasi yang memadai di seluruh indonesia tidaklah mudah. Namun dengan kerja keras, berbagai program pembangunan infrastruktur transportasi bisa diselesaikan," ungkapnya.  

Pada kesempatan yang sama, Menhub mengatakan melalui kegiatan ini, pemerintah ingin menyampaikan kiprah kolaborasi para pemangku kepentingan dalam membangun transportasi selama hampir satu dekade.  

"Dengan kolaborasi yang bagus antar pemangku kepentingan di Sektor transportasi, kita ingin membangun budaya baru melalui transportasi massal. Jangan lagi ada macet. Di kabinet ini kami meletakan dasar-dasar pembangunan transportasi massal," ujar Menhub.  

Menhub mengungkapkan, sejumlah kota di Indonesia memiliki beberapa masalah yaitu kemacetan dan polusi udara akibat banyaknya penggunaan kendaraan pribadi. Oleh karenanya, pemerintah membangun angkutan massal perkotaan seperti BRT, KRL, LRT, MRT dan angkutan massal lainnya, dengan harapan masyarakat dapat beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal.

"Membangun angkutan massal adalah keniscayaan, Karena jika tidak dilakukan kerugiannya mencapai ratusan triliun per tahun akibat kemacetan. Oleh karenanya kami membangun tidak hanya infrastrukturnya, tetapi juga sistem maupun integrasi antarmoda untuk first mile dan last mile nya, agar masyarakat semakin mudah untuk mengakses angkutan massal," tuturnya.  

Menhub menyampaikan terima kasih kepada kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait, sehingga berbagai pembangunan transportasi massal dapat terealisasi.  “Dengan semangat dari pak Jokowi dan kerjasama yang baik dari unsur pentahelix, kami dapat melaksanakan ini dengan baik dan menjadi insan Perhubungan yang membanggakan,” tuturnya.

Kegiatan Hub Space yang berlangsung selama 3 (tiga) hari ini, juga diramaikan dengan talkshow (HubTalk). Pada sesi ini, Menhub bersama Cak Lontong bertindak sebagai moderator bincang santai dengan tema "Suka Duka Membangun Konektivitas Nasional" bersama narasumber Pj Gub. DKI Jakarta Heru Budi Hartono, CEO Pertamina International Shipping Yoki Firnandi, Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dan Owner Rumah Perubahan Rhenald Kasali.

Selain Hub Talk, juga diselenggarakan Hub Award sebagai bentuk apresiasi terhadap sosok yang telah membangun konektivitas antar wilayah melalui Transportasi. Kemenhub memberikan penghargaan kepada para Menteri Perhubungan terdahulu, yakni kepada Emil Salim, Agum Gumelar, Hatta Rajasa, Jusman syafii Djamal, Freddy Numberi, Evert Erenst Mangindaan, dan Ignasius Jonan.

Kemudian Hub Travel, menampilkan berbagai produk dan promo menarik, seperti tiket promo untuk bepergian secara hemat. Selanjutnya Hub Expo, yang menghadirkan berbagai kegiatan dan pameran menarik mengenai 'Budaya Baru Transportasi Massal'. Beberapa produk transportasi massal yang dipamerkan yaitu: miniatur kereta cepat “Whoosh”, miniatur kereta gantung, miniatur kereta api tanpa rel fisik, miniatur LRT Jabodebek, mobil dan motor listrik, fasilitas boarding ticket face recognition, kursi kereta luxury generasi ke-3, dan lain sebagainya.  

Serta Hub Tawa, dan Hub Music, yaitu pertunjukan music dan standup comedy yang menghadirkan sejumlah bintang tamu, seperti: JKT 48, Kahitna, Project Pop, Nassar, GJLS, Praz Teguh, Cak Lontong, Rony Parulian, dan Pasha Ungu.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini sejumlah perusahaan Transportasi seperti: Lion Air Group, PT KCIC, Gojek, MRT, Electrum, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT BKMS JIIPE Gresik, Pertamina International Shipping, Bluebird Group, Angkasa Pura II, PT MOS (Multi Ocean Shipyard), Celebes Railway Indonesia (CRI), CRCC, Gapura Angkasa, PT Pelabuhan Tiga Bersaudara, Meratus Line, Angkasa Pura I, INSA, PT KAI, PT ASDP, Biro Klasifikasi Indonesia, Jasa Raharja, PT Pertamina Patra Niaga, PT ASDP, LRT, PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, PT Ambang Barito Nusapersada, Astra Group (ISUZU, BMW, Daihatsu), GRAB, DAMRI, INKA, Toyota, KIA, Jasa Marga, Wuling, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), dan PT EMB-INVI..