trustnews.id

Intip Kinerja Hotel Jaringan HIG Triwulan III Tahun 2023
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. 23 Oktober 2023 - Dalam Program Holding Hotel BUMN, PT Hotel Indonesia Natour melalui anak usahanya, PT Hotel Indonesia Group (HIG), ditunjuk menjadi perusahaan yang bertanggung jawab mengelola dan mengoperasikan jaringan hotel milik BUMN. Dari sisi operatorship, saat ini HIG telah mengelola 32 unit hotel dengan total 4.529 kamar yang tersebar di seluruh Indonesia serta 1 convention centre milik BUMN. Progres tersebut akan terus berjalan hingga nantinya seluruh hotel BUMN dapat dikelola di dalam satu operatorship.

Hotel-hotel jaringan HIG terus menunjukkan peningkatan kinerja operasional hingga kuartal III Tahun 2023 dimana tingkat okupansi hotel jaringan HIG mengalami peningkatan di berbagai region.

Bali sebagai region dengan okupansi tertinggi pada triwulan ke III dengan rata-rata okupansi hotel jaringan HIG mencapai 80%, dimana Hotel Truntum Kuta sebagai leading dengan okupansi rata-rata sebesar 94%. Hotel yang baru saja melakukan rebranding pada 11 Oktober 2023 lalu tersebut terbukti memiliki kinerja operasional yang baik. Hotel bintang 4 milik PT Hotel Indonesia Properti (HIPRO) ini juga menjadi hotel dengan okupansi tertinggi pada periode September 2023 dengan okupansi sebesar 92%. Inna Sindhu Bali Beach juga mencatatkan okupansi yang tinggi sebesar 94%, kinerja tertinggi selanjutnya yaitu Merusaka Nusa Dua dengan rata-rata okupansi sebesar 88%.

Di Region Nusa Tenggara, Hotel jaringan yang menjadi leading dengan okupansi tertinggi yaitu Meruorah Komodo Labuan Bajo sebesar 74%. Hotel bintang 5 milik PT Indonesia Ferry Properti (IFPRO) ini juga menjadi okupansi tertinggi pada periode September 2023 dengan okupansi sebesar 72%.

Di Region Jawa, Hotel jaringan HIG yang menjadi leading yaitu The Manohara Hotel Yogyakarta dengan okupansi sebesar 81%. Hotel bintang 4 milik PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko ini juga mencatatkan okupansi tertinggi pada September 2023 yaitu 78%. Hotel dengan okupansi tertinggi selanjutnya yaitu KHAS Gresik sebesar 75%, dan selanjutnya yaitu KHAS Tegal dengan tingkat hunian sebesar 73%.

Di Region Sumatera, hotel jaringan HIG dengan okupansi tertinggi yaitu KHAS Ombilin sebesar 70%. Hotel bintang 3 milik PT Bukit Multi Properti (BMP) ini juga menjadi leading di region sumatera pada bulan Agustus sebesar 85%. Okupansi tertinggi selanjutnya dicatatkan oleh Hotel Truntum Padang dan KHAS Parapat.

Di Region Kalimantan dan Sulawesi, Hotel jaringan HIG terdiri dari KHAS Makassar milik PT Wijaya Karya Realty, Hotel Yulia Gorontalo milik PT Yulia Nusapala Gorontalo dan Cordia Hotel Banjarmasin milik PT Angkasa Pura I juga mengalami kinerja yang baik dan signifikan.

Peningkatan kinerja operasional hotel jaringan HIG pada kuartal III Tahun 2023 mencerminkan pemulihan trafik wisatawan di berbagai destinasi wisata yang mempengaruhi tingkat okupansi hotel jaringan HIG. Hal tersebut juga didukung oleh upaya perusahaan dalam mengoptimalkan implementasi transformasi dan inovasi yang berkelanjutan.

Informasi lebih lanjut mengenai jaringan hotel yang dikelola oleh HIG dapat diakses melalui website hig.id.

Contact Person : 

Adianta Apriadi

PLT VP Corporate Secretary

Media Contact : 

Dyah Agustina

E : [email protected]

P : 081280418718

Tentang HIN

PT Hotel Indonesia Natour "PT HIN" adalah anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) yang merupakan salah satu pelopor industri jasa perhotelan bertaraf internasional di Indonesia. Dalam perkembangannya, PT HIN bertransformasi menjadi travel management dan hotel operator yang saat ini telah mengelola lebih dari 32 unit hotel berbintang di berbagai daerah, dan beberapa tahun kedepan pengelolaan hotel tersebut ditargetkan menjadi lebih dari 100 unit hotel milik BUMN. Selain hal tersebut, saat ini HIN juga dipercaya menjadi Badan usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang kesehatan di Sanur, Bali. Melalui berbagai lini bisnis tersebut, PT HIN berkomitmen kuat mewujudkan visi misi untuk senantiasa meningkatkan pariwisata Indonesia.