trustnews.id

Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Kemandirian Bangsa
Seminar kebangsaan dalam rangka sosialisasi empat pilar yang dihadiri oleh anggota MPR RI, Edhi Prabowo

Muratara, (20/8/2019) - Tema kegiatan tersebut yaitu “Ideologi pancasila sebagai dasar Kemandirian Bangsa”.   Dalam pembukaan Seminar yang diadakan di Kabupaten Musi Rawas Utara, Selasa(20/8/2019), Anggota MPR RI, Edhy Prabowo menyampaikan bahwa  untuk Mencapai kemandirian bangsa dan negara bagi Indonesia adalah bukan diisi dengan langkah-langkah praktis dan pragmatis,melainkan dengan langkah yang bergerak cepat dan tepat dengan berbasis ideologi kita, Pancasila. Karena penguatan kemandirian bangsa bukanlah sekedar menjalankan program kerja berbalut nama pembangunan. Bukan pula hanya menuntaskan persoalan-persoalan praktis dalam kehidupan keseharian penduduknya. Bernegara adalah menjalankan roda-roda pemerintahan sebuah negara dengan fondasi ideologi yang kokoh. Gerak langkah segala kebijakan, program dan kerja nyata bangsa harus mencerminkan karakter ideologi yang kuat.
Pancasila adalah karya ideologi Bung Karno yang paling monumental tidak hanya untuk sejarah Indonesia, tetapi juga bagi sejarah dunia. Lima rumusan Pancasila merupakan cerminan pandangan ideal BungKarno tentang bagaimana kehidupan bernegara harus dijalankan dalam kemajemukan suku, bahasa, agama, ras dan keyakinan. Di dalam setiap pidatonya, Bung Karno selalu menginterpretasikan makna lima sila tersebut dalam realitas kehidupan bernegara. Inilah basis kita dalam menetapkan derap tapak kita menuju kemandirian bangsa dan negara.
Setiap bangsa di dunia yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya sehingga dapat memecahkannya secara tepat. Tanpa memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang–ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia.    

Sosialisasi yang diselenggarakan Bapak Edhy Prabowo mengundang tokoh-tokoh Masyarakat serta Kelompok-kelompok masyarakat dan lain sebagainya dari Muratara dengan jumlah secara keseluruhan adalah 150 orang. 
Dalam penutup seminar kali ini, Edhy Prabowo menuturkan bahwa empat pilar sangat penting dan akan selalu digalakkan demi membangkitkan semangat Kemandirian Bangsa Indonesia untuk Membangun NKRI saat ini, karena mereka adalah ujung tombak kebangkitan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. (Red)