trustnews.id

Progres Proyek Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Hingga Minggu ke-30
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Pemerintah bertekad terus melakukan kemajuan dan modernisasi transportasi nasional, khususnya transportasi massal dan infrastruktur pendukungnya. Tekad tersebut konsisten dilakukan jajaran Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan membangun dan mengembangkan sarana dan infrastruktur pendukung serta melakukan modernisasi transportasi yang sudah ada, termasuk di dalamnya modernisasi transportasi massal di tanah air.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B merupakan ikon sekaligus momentum Jakarta yang akan bertransformasi menjadi kota global serta mengakomodasi kebutuhan masyarakat kota yang semakin dinamis. Saat ini pembangunan LRT Jakarta Fase 1B terus berprogres di setiap zonanya. Untuk effisiensi pembangunan yang dilakukan, Proyek LRT Jakarta Fase 1B dikerjakan dari 2 sisi, yaitu dari sisi Velodrome maupun sisi Manggarai.

Nantinya pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini akan menghubungkan antara Velodrome –Manggarai dengan bentang sepanjang 6,4 kilometer dengan 5 stasiun antara yaitu Stasiun Rawamangun, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman dan Manggarai. Untuk milestone pertama di bulan September 2024, Proyek LRT Jakarta Fase 1B ditargetkan untuk rampung hingga Stasiun Rawamangun.

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) bersama pelaksana proyek Kerjasama Operasional (KSO) pembangunan LRT Jakarta Fase 1B yakni PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Nindya Karya dan PT PT Len Railway Systems (LRS) menegaskan pembangunan proyek LRT Jakarta Fase 1B terus berprogres sesuai dengan dengan target yang direncanakan, yang pada tanggal 24 Maret 2024 telah memasuki minggu ke-30 pembangunan.

LRT Jakarta Fase 1B sama seperti LRT Jakarta yang sudah beroperasi sebelumnya, akan dibuat dengan jalur melayang (elevated). Sehingga dilakukan pekerjaan struktur layang atau viaduct dengan progres pengerjaan pengeboran pondasi atau borepile yang sudah mencapai 198 titik dan pilecap sebanyak 13 titik untuk area 1 km pertama.

Saat ini, sudah terlihat tiang-tiang yang terpasang, yang biasanya disebut kolom/pier, menjulang tinggi di lokasi proyek LRT Jakarta Fase 1B. Kolom/pier ini berdiri di atas pilecap, dan hingga saat ini pekerjaannya telah mencapai 10 titik, bahkan 4 di antaranya telah memiliki pierhead atau kepala tiang. Kolom/pier merupakan suatu elemen struktur utama pada bangunan, yang digunakan untuk menyalurkan beban-beban di atasnya ke pondasi., sedangkan pierhead akan berfungsi untuk menopang girder atau gelagar jembatan yang nantinya akan menjadi tempat untuk rel dan kereta berjalan.

Sementara itu, sebagai upaya untuk efisiensi pembangunan, progres pembangunan LRT Jakarta Fase 1B dari sisi Manggarai, tepatnya pada area Jalan Tambak, telah mencapai 66 titik pondasi atau borepile, yang mana 3 titik diantaranya telah dilengkapi dengan pilecap. Pada 2 di antara 3 titik pilecap tersebut, tengah berlangsung pemasangan kolom/pier di Minggu ke-30 proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B.