trustnews.id

Pemkab Banjar Matangkan Persiapan Pameran Artefak Rasulullah SAW dan Sahabat
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik – Kabupaten Banjar merupakan salah satu daerah yang akan menjadi kedatangan benda pusaka artefak asli Rasulullah SAW. Melalui Pemerintah Kabupaten Banjar atas kerjasama dengan pihak Galeri Warisan M. A. R. Malaysia akan menggelar Pameran artefak asli Rasulullah dan para Sahabat Nabi.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar usai menghadiri rapat koordinasi finalisasi terkait dengan Pameran artefak asli Rasulullah dan para Sahabat Nabi di ruang Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Jumat (14/2/2020) sore.

Pameran artefak milik Rasulullah SAW dan para Sahabat dipastikan digelar di Martapura, Kabupaten Banjar pada 25 Februari hingga 15 Maret mendatang, di Gedung Serbaguna Indrasari, Martapura.

Sekda Banjar HM Hilman menjelaskan, pameran ini menjadi alternatif bagi jamaah Haul Abah Guru Sekumpul.

“Selain menghadiri haul, masyarakat yang datang dari berbagai penjuru ini dapat memanfaatkan untuk melihat benda-benda peninggalan Rasulullah SAW dan para Sahabat, sekaligus mengambil berkatnya Rasulullah SAW,” ungkap Hilman.

Sekda menyampaikan, pameran ini merupakan kerjasama antara PBNU dan Galeri MAR Malaysia. Sementara Pemkab Banjar sebagai fasilitator.

Pameran artefak ini merupakan agenda jelajah nusantara di 18 daerah se-Indonesia.

“Jadi sangat membanggakan Kabupaten Banjar mendapat kesempatan berharga ini, karena masuk dari salah satu 18 daerah,” tutur Hilman.

Sementara itu, Prof Dr Abdul Manan dari Galeri Warisan M.A.R Malaysia mengungkapkan, segalanya telah dipersiapkan untuk menggelar pameran artefak Rasulullah SAW dan para Sahabat.

“Ini kita persiapkan. Insya Allah segala macam artefak Rasullah dan para Sahabat dalam tajuk jelajah nusantara, dalam suatu pameran di Martapura tanggal 25 Februari sampai 15 Maret,” ujar Prof Abdul Manan.

Prof Dr Abdul Manan merupakan adalah seorang kolektor Islam terkenal. Dia pakar ethnologi dan artefak Islam.

Rencananya, pada pameran artefak atau benda pusaka peninggalan Rasulullah dan para Sahabat ini, akan ada doorprize berupa umrah dan lainnya.

Adapun Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar, HM Aidil Basith mengungkapkan siap membantu untuk publikasi informasi, serta pengamanan dengan memasang kamera CCTV di tempat pameran.

“Kita siap membantu baik dari media cetak dan online, dalam hal promosi agar masyarakat kita, tidak ketinggalan pada momen berharga ini,” tandasnya.

Hadir mendampingi pada rakor tersebut Kepala DKISP Banjar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Banjar, Kepala Bappedalitbang Banjar, Kepala Badan Pendapatan Daerah Banjar, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Banjar, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik DKISP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Pihak Pengurus Cabang Nahdatul Ulama Kabupaten Banjar, serta Kepala Desa Indrasari. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs)