TRUSTNEWS.ID — Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung berkomitmen dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung.
Sebagai korporasi daerah, komitmen tersebut diwujudkan Perumdam Tirta Cahya Agung dengan meningkatkan pendapatan dan laba perusahaan melalui optimalisasi bisnis. Di antaranya dengan penambahan jumlah Sambungan Rumah (SR), meningkatkan asumsi pemakaian air pelanggan, meningkatkan kualitas pelayanan, dan meningkatkan efisiensi operasional.
Penambahan jumlah Sambungan Rumah dilakukan dengan cara perluasan wilayah pelayanan serta perluas jaringan distribusi ke wilayah yang belum terlayani. Hingga 30 September 2025, jumlah pelanggan Tirta Cahya Agung sudah mencapai 31.100 pelanggan. Adapun kondisi stok air baku sampai saat ini masih mencukupi.
Untuk meningkatkan asumsi pemakaian air pelanggan, Perumdam Tirta Cahya Agung, selain meningkatkan cakupan pelayanan, juga mengoptimalkan strategi marketing di wilayah yang sudah ada, serta mendorong peningkatan kapasitas produksi.
Berikutnya, meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, seperti fokus pada kualitas dan kontinuitas untuk memastikan air yang didistribusikan berkualitas baik. Selain itu, meningkatkan efisiensi dan kualitas operasional. Di antaranya dilakukan dengan menekan tingkat kebocoran air secara rutin di setiap proses, baik teknis, nonteknis, maupun administrasi.
“Komitmen Tirta Cahya Agung dapat meningkatkan pendapatan dan laba sehingga dapat meningkatkan setoran PAD kepada Pemkab Tulungagung,” kata Joko Purnomo, Direktur Perumdam Tirta Cahya Agung, kepada TrustNews.
Optimalisasi bisnis itu, lanjut Joko Purnomo, sebagai upaya pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang terencana dan terintegrasi, yang mencakup seluruh proses penyediaan air minum. Mulai dari pengambilan air baku, pengolahan, penyimpanan, hingga pendistribusian ke konsumen.
Langkah-langkah tersebut dibarengi peningkatan profesionalisme dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola operasi secara lebih baik.
“Karyawan dibekali dengan kompetensi tentang perpipaan dan manajemen pengelolaan air. Dari segi intern perusahaan selalu terjadwal mengirimkan karyawan untuk mengikuti bimbingan teknis dan diklat demi menunjang kinerja karyawan,” tegas Joko Purnomo.
Tujuan akhir Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung adalah terus berbenah diri untuk terwujudnya pelayanan air minum yang profesional. (TN)










