trustnews.id

Launching Kampung Tangguh Banua, Kabupaten Banjar Siap Cegah Covid-19
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik - Guna memutus mata rantai Covid-19 dari tingkat yang paling bawah di Kabupaten Banjar. Polres Banjar melaunching program Kampung Tangguh Banua (Bersih, Aman, Nyaman, Unggul dan Sejahtera) di 14 desa yang ada di Kabupaten Banjar, kegiatan ini dilaksanakan secara simbolis di Kantor Desa Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Selasa (16/6/2020) pagi.

Kapolres Banjar, Andri Koko Prabowo secara resmi membuka acara yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman, Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto, dan Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjar, H Irwan Kumar.

Sekda Banjar, HM Hilman yang mewakili Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan sangat menyambut baik dilaksanakannya Launching Kampung Tangguh Banua (KTB) di Kabupaten Banjar.

“Kampung Tangguh Banua ini sebagai kampung percontohan untuk menggerakkan dan menyadarkan masyarakat dalam memerangi, menanggulangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya Kampung Tangguh ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli berperan aktif menjaga wilayahnya dari ancaman Covid-19, disiplin menjalankan protokol Kesehatan dan bisa menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

Kapolres Banjar, Andri Koko Prabowo mengatakan, Polres Banjar berinisiatif membentuk Kampung Tangguh Banua dalam mencegah penyabaran Covid-19 dari tingkat paling bawah agar masyarakat dapat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya khususnya dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

“Peran Babinsa dan Babinkantibmas sangat penting di Kampung Tangguh ini, selain kerja sama dengan relawan serta perangkat desa dalam pemutusan mata rantai Covid -19 juga prinsip gotong royong sangat diperlukan disini selain tentunya mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada 14 Kepala Desa program Kampung Tangguh Banua yang diserahkan langsung oleh Kapolres Banjar serta penyerahan buku panduan Kampung Tangguh Banua kepada 14 Kapolsek yang diserahkan oleh Dandim 1006/Martapura. (MC Kominfo Banjar/Rzq/Ppn)