trustnews.id

Dispersip Ajarkan Mahasiswa PKL Tata Kelola Perpustakaan
Foto: istimewa
Pemkab Banjar

Dispersip Ajarkan Mahasiswa PKL Tata Kelola Perpustakaan

DAERAH Selasa, 11 Agustus 2020 - 17:56 WIB TN

Martapura, Infopublik - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mengenal dan mengetahui secara langsung tentang perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Banjar dengan memberikan ruang untuk mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada tanggal 22 Juni sampai dengan 7 Agustus 2020.

PKL tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang diperoleh di lapangan, bagi mahasiswa akan merasakan langsung perbedaan antara teori di kelas dengan yang ada di lapangan. PKL sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman kerja sehingga dapat menjadi tenaga kerja professional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Drg. Yasna Khairina mengatakan mahasiswa yang PKL di sini akan diberikan arahan dan bimbingan bagaimana cara melakukan layanan peminjaman dan pengembalian koleksi, meregistrasi bahan pustaka, melakukan klasifikasi dan menentukan tajuk subjek, mengentri bahan pustaka ke dalam aplikasi, membuat kelengkapan bahan pustaka, melakukan labeling, merawat bahan pustaka bersifat pencegahan dan penanganan serta shelving.

Berhubung sudah habis masa PKL mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Ainur Fadilah, Ismi Rohmah Ainani dan Nurul Husna diacarakan Pelepasan dan penjemputan PKL mahasiswa UIN Banjarmasin menggunakan vidio cenference Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kab banjar drg. Yasna Khairina, MM dan Kabid perpustakaan Hj. Noor Aida, S.Sos, MM dengan supervisor Ana Rizka Mashud, S.IP., M.IP. (Mcbanjarkab/Hendy/Dispersip)