trustnews.id

Ketua DPRD Kabupaten Banjar Salurkan Bantuan Untuk Warga Korban Banjir
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik - Ketua DPRD Kabupaten Banjar Muhammad Rofiqi bagikan 400 paket sembako kepada warga korban terdampak banjir di Desa Pekauman Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar, Minggu (03/12/2021) sore.  

Bantuan tersebut diberikan guna meringankan beban warga yang mengalami kesulitan dalam beraktivitas dikarenakan rumah mereka tergenang banjir, karena meluapnya air sungai Martapura yang sudah hampir dua pekan belum juga surut.  

Menurut Rofiqi pembagian sembako kepada warga terdampak banjir ini merupakan kali kedua setelah menyalurkan bantuan serupa beberapa hari yang lalu. Dikatakan, banjir ini merupakan hal yang biasa bagi warga disini, namun melihat debit ketinggian air yang selalu bertambah dan durasi banjirnya lebih lama dari biasanya. 

“Bagi warga sini banjir adalah hal yang biasa, namun kali ini banjir selalu meninggi dan sepertinya terparah sejak beberapa tahun terakhir, karena intensitas curah hujan tahun ini lebih dari biasanya.” ujarnya. 

Ia mengatakan seperti yang dilansir BMKG bahwa hujan masih akan berlangsung selama 4 hingga 5 hari kedepan. Dan dari laporan yang diterima ada 3 kecamatan atau kurang lebih sekitar 3.300 rumah warga yang tergenang banjir.

“Saya berharap adanya bantuan dari pihak lainnya, baik bantuan berupa sembako terlebih lagi bantuan berupa obat- obatan, itu sangat diharapkan oleh warga yang terdampak banjir, karena dari laporan sudah banyak warga yang terserang penyakit gatal- gatal. ” Harapnya.

Menurut Zaleha salah seorang warga terdampak banjir di Desa Pekauman, Saat mengambil bantuan sembako mengatakan, sangat senang dapat bantuan sembako dan memang sangat dinanti-nantikannya. Karena sudah hampir dua pekan tak ada bantuan yang ia terima dari pihak manapun. 

”Alhamdulillah akhirnya dapat bantuan, karena selama rumah saya tergenang banjir, saya nyaris tidak dapat beraktifitas, karena pekerjaan saya adalah pembuat kue, dan dapur saya terendam air, serta untuk membawanya kepasar sebagian jalan disini juga terendam banjir dan itu sangat menyusahkan.” Ujarnya

Selain di Desa Pekauman, pembagian sembako juga dilakukan di Desa Mekar dan Kampung Melayu serta daerah lainnya yang terdampak banjir diwilayah Kecamatan Martapura Timur dengan jumlah total sebanyak 400 paket. (MC.BANJARKAB/agusoke/ronny)