trustnews.id

Sinergitas Perum Bulog Dalam Membangun   Ketahanan Pangan Republik Indonesia Di Era Pandemi
Foto: istimewa

Dalam rumusan Undang Undang pangan, harapan terpenting ialah terpenuhinnya pangan bagi seluruh masyarakat di Indoensia dalam berbagai aspek, termasuk jumlah kuantitas, kualitas mutu pangan, hingga keamananan dan keterjangkauan ekonomi. Tujuan ini tidak terlepas dari stok penyediaan dan ketersedian pangan bagi seluruh masyarakat yang berkelanjutan. Rumusan perundang-undangan diatur sebagai bagian dari konsep kedaulatan pangan untuk negara kesatuan Republik Indonesia dalam UU Pangan Nomor 18 tahun 2012. Perumusan perundang-undangan pangan sangat berpengaruh dalam mempertahankan ketahanan bangsa secara multidimensional. Hal ini karena ketahanan pangan berhubungan dengan berbagai aspek, baik dari segi sosial, ekonomi, politik sampai pada ranah lingkungan.

Beragam aspek yang kompleks menunjukkan bahwa ketahanan pangan menjadi bagian terpenting dalam prioritas pembangunan nasional.  Tak ayal seringkali terdengar dibenak kita “logika tanpa logistic akan berakhir anarkis” pernyataan ini perlu menjadi perhatian besar, bahwa tanpa terpenuhinya logistic keberlangsungan bangsa akan dipenuhi beragam kisruh dan pelbagai permasalahan, termasuk masalah kekurangan gizi dan dampak lain yang lebih buruk. Untuk itu persoalan keterpenuhan pangan menjadi persoalan yang krusial demi membangun bangsa yang lebih maju. Minimal dengan dukungan logistic dapat menunjang dalam mendorong sumber daya manusia berkelanjutan. Dalam hal ini perum bulog terus melakukan kerjasama dengan kementrian pertanian untuk menunjang tingkat ketersediaan bahan pokok pangan guna mempertahankan, dan meningkatkan kualitas keberlanjutan ketahanan pangan. 

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan bahwa stok beras perum bulog tetap selalu ada dalam menjamin kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Perum bulog terus bersinergi dengan berbagai elemen untuk meningkatkan kualitas ketersediaan pangan. Perum bulog melakukan kerjasama dengan para petani ketika panen raya untuk mencukupi pasokan beras dari tahun ke tahun.kerjasama yang dilakukan perum bulog dengan petani menjadi media pasar bagi para petani agar petani tetap dapat mudah menjual hasil pertaniannya untuk mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari. Di sisi lain perum bulog juga menjadi agen penyalur dalam menyediakan stok pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia di segala penjuru. Langkah ini di dukung dengan sikap tegas perum bulog dalam menolak wacana pengadaan impor beras dari negara tetangga lainnya. Karena dinilai langkah tersebut sangat mendiskreditkan nasib petani diseluruh wilayah Indonesia.  

Dari tahun ke tahun, perum bulog terus bersinergi dengan berbagai elemen. Sejak tahun lalu sampai saat ini tidak ada kendala yang dialami perum bulog dalam menyerap dan mendistribusikan pasokan beras diberbagai daerah. Salah satu kerjasama yang dilakukan oleh perum bulog ialah terus melakukan kordinasi dengan Satgas Pangan Mabes Polri diberbagai pelosok daerah, guna menunjang satu visi dalam menjalankan pembangunan nasional melalui ketahanan pangan.  

Sinergitas perum bulog dalam merumuskan visi ketahanan RI terus dilakukan dengan melakukan kordinasi dengan berbagai kelembagaan lainnya termasuk Bidang Kemaritiman,Kehutanan & Lingkungan Hidup serta Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi). Buah dari sinergi perum bulog menempatkan posisi perum bulog menjadi penjamin stok pangan masyarakat Indonesia diseluruh penjuru bangsa untuk ketahanan nasinoal dimasa pandemic covid-19. Kordinasi dari tingkat atas hinggabawah dilakukan perum bulog untuk menyerap hasil dari petani lokal, kemudian disebar ke berbagai gudang-gudang bulog diseluruh Indonesia. 

Selain menjamin stok pasokan beras diberbagai daerah, sinergitas perum bulog juga menjamin stabilitas harga pangan ditingkat pasar dengan melakukan operasi pasar diseluruh penjuru wilayah Indonesia. Operasi ini dilakukan guna memastikan stok beras benar-benar tersebar diseluruh wilayah dan mengendalikan stabilitas harga pangan di era pandemi covid 19. Tidak hanya itu, perum bulog juga sudah melakukan evaluasi besar-besaran dengan memastikan kualitas pangan berupa menyuguhkan penyediaan beras premium yang lebih layak, sehat dan bergizi. Langkah ini menjadi tranformasi perum bulog yang sebelumnya sering dinilai hanya menyediakan pasokan beras yang kurang layak. 

Sampai saat ini, perum bulog menjamin bahwa stok beras yang disediakan benar-benar beras dengan kualitas premium yang sangat layak dikonsumsi. Terlebih di era pandemi covid 19 ini masyarakat Indonesia sangat membutuhkan suntikan kekuatan makanan yang higenis dan bergizi guna menambahimun tubuh, sehingga terhindar dari penyebaran virus covid 19. Pasokan beras premium ini menjadi dukungan satu-satunya yang diberikan oleh perum bulog terhadap seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi beragam persoalan dimasa pandemi covid 19.  

Tranformasi perum bulog tidak hanya berhenti pada penyediaan beras dengan kualitas premium. Di tengah masa pandemic covid 19, seluruh kantor Bulog diseluruh wilayah melakukan peningkatan pelayanan dengan memanfaatkan perkembangan media digital. Selain penjualan bisa dilakukan secara langsung diseluruh kantor bulog. Penjualan juga disediakan melalui platform-platform digital seperti yang tersedia dalam situs aplikasi shope, sehingga masyarakat bisa dengan mudah untuk membeli beras tanpa datang langsung ke kantor bulog. Terlebih dengan aturan PSBB ditengahpenyebaran virus covid 19, jual beli online sangat masif dilakukan guna menghindari penyebaran virus covid 19. Maka, masyarakat sudah tidak perlu lagi khawatir akan kekurangan pangan di era pandemi covid 19. Sebab bulog siap menjamin stok ketersediaan pangan dan kestabilan harga untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Dengan beragam sinergitas perum bulog, diharapkan tidak ada lagi muncul beras berkutu di tengah masyarakat dan tidak ada lagi oknum-oknum pengusaha yang memainkan harga kebutuhan pokok beras di tengah-tengah himpitan masalah pada masa pandemiccovid 19. Harapannya semoga di usia ke 54 ini bulog terus menjadi penunjang utama dalam menjalankan visi ketahanan RI. #PerumBuloghebat#DirgahayuBulogke-54.