trustnews.id

Stop Rongrong KPK, Pemberantasan Korupsi Harus Jalan Terus
Gedung KPK Ditembak Laser 'Berani Jujur Pecat', Ada Apa? (Foto: Istimewa)

Jakarta – Polemik Test Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK sebagai implementasi Revisi UU KPK Tahun 2019 (UU Nomor 19 tahun 2019) yang berujung tidaklolosnya 51 Pegawai terus bergulir sedemikian rupa seiring dengan berbagai aksi penolakan berbagai kelompok, sementara disisi lain ketua KPK Irjen Firli Bahuri tetap tenang dan fokus dalam kinerja pemberantasan korupsi.

Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Political and Policy Public Studies (P3S), Jerry Massie mengatakan manjadi harapan publik semua pihak agar KPK tetap menjaga independensi biar hukum berdiri tegak. “Bagi saya pemberantasan korupsi tetap keep going walking atau jalan terus lantaran banyak kasus korupsi yang belum tuntas,” kata Jerry. Kamis (1/7/2021).

Jerry berharap polemik mengenai 51 pegawai KPK yang tidak lolos segera diakhiri sehingga upaya mewujudkan pemerintahan bersih melalui agenda pencegahan dan pemberantasan korupsi jalan terus dibawah kepemimpinan Firli Bahuri. Jerry mengapresiasi sikap Presiden Jokowi yang menurutnya telah menyatakan ketegasannya terkait polemik tersebut.

“Bagi saya mereka tetap diakomodir lantaran rekam jejaknya baik dan berprestasi. Pakai pendekatan bukan rumus politis tapi humanis sesuai dengan saran presiden,” ungkapnya.

Sebelumnya,Pengamat Politik Boni Hargens menyatakan tidak penting lagi melanjutkan polemik mengenai KPK, sebab sudah jelas penilaian dilakukan oleh asesor yang kompeten dibidangnya. Selain itu, penilaian tes dilakukan oleh lembaga lintas sektor yang banyak melibatkan instasi negara  yang relevan.

"Polemik harus dihentikan agar pekerja KPK yang sudah resmi diangkat jadi pegawai negeri bisa fokus bekerja untuk membantu pemerintah dalam memberantas korupsi, kolusi, dan nepotisme di Indonesia," katanya.