trustnews.id

Rokhmin Dahuri beberkan Strategi dan Program Penataan Daerah Pesisir Kabupaten Kaur
FGD Kabupaten Kaur bersama Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri di Kantor Bupati Kaur, Bengkulu, Selasa (8/2/2022)

Kabupaten Kaur - Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Prof.Dr.Ir. Rokhmin Dahuri membeberkan sejumlah strategi dan program dalam mengoptimalkan pembangunan dan penataan daerah pesisir khususnya di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

Tiga hal yang yang menjadi program prioritas pembangunan tersebut antara lain adalah pembangunan Pelabuhan perikanan modern, teknologi penangkapan ikan, dan membangun rantai suplai untuk menjamin pasar serta sarana produksi perikanan.

Demikian disampaikan Prof Rokhmin yang juga guru besar IPB tersebut saat menjadi narasumber Focus Group Disscusion (FGD) “Optimalisasi Penataan Wilayah Pesisir Khususnya Wilayah Kabupaten Kaur” yang digelar oleh Pemda Kaur sekaligus dalam rangka kunjungan kerja rombongan Kementerian Kelautan di Kantor Bupati Kaur, Bengkulu, Selasa (8/2/2022).

“Ketiga potensi itu akan kita garap bersama Bupati Kaur karena kita tahu potensi (sektor kelautan dan perikanan-red) disini sangat besar dan kuat,” katanya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan lantas membeberkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan di wilayah pesisir dan laut di Bengkulu yakni, pengembangan sektor perikanan, sektor pariwisata bahari serta konsep pengembangan daerah tepian.

"Penguatan dan pengembangan teknologi penanganan (handling) dan transportasi hasil perikanan, peningkatan kualitas dan daya saing industri pengolahan hasil perikanan tradisional dan peningkatan kualitas dan daya saing industri pengolahan hasil perikanan modern, merupakan tiga poin penting untuk pengembangan sektor perikanan." Ujarnya.

"Peningkatan utilisasi perusahaan pengolahan ikan menjadi 90% dari kondisi saat ini 50-60%, pengembangan produk-produk olahan perikanan baru (product development), penyempurnaan packaging dan distribusi produk, penjaminan kontinuitas suplai bahan baku pemerintah harus memastikan, bahwa setiap unit industri pengolahan hasil perikanan memiliki mitra produsen serta standardisasi dan sertifikasi", terang Rokhmin Dahuri.

Sementara terkait pengembangan pariwisata bahari, Rokhmin Dahuri membaginya ke dalam 5 poin penting yakni, Revitalisasi, Pengembangan produk, pembangunan baru infrastruktur, promosi dan kapasitas kerja ASN.

"Revitalisasi semua objek dan destinasi wisata yang ada saat ini. Supaya daya tarik, daya saing, dan sustainabilitynya meningkat. Kembangkan produk, obyek, dan destinasi wisata baru (product development) yang lebih menarik, berdaya saing, efisien, dan sustainable,” urai Rokhmin Dahuri.

Sebelumnya, Rokhmin Dahuri dalam rangkaian kunjungan kerjanya tersebut didampingi Bupati Kaur, H.Lismidianto.SH.MH dan Wakil Bupati Kaur Herlian Muhrim.ST mengunjungi pelabuhan pendaratan ikan desa Merpas Kecamatan Nasal pada Minggu (7/2/2022).

“Potensi laut Kabupaten Kaur sangat mendukung dan sebagai Pejabat KKP saya siap memperjuangkan Nelayan Kabupaten Kaur bersama Bupati dan Wakil Bupati Kaur,” ujarnya.