trustnews.id

RAT KE-XXVI PINTU AIR MENUJU  KOPERASI DIGITAL
foto:istimewa

RAT KE-XXVI PINTU AIR MENUJU KOPERASI DIGITAL

BISNIS Senin, 06 Juni 2022 - 10:19 WIB TN

Setelah berhasil mencetak aset 1,6 triliun sepanjang tahun buku 2021 yang naik sebesar Rp 300 miliar dengan pertumbuhan anggota sebanyak 28.795 orang sehingga total menjadi 272.225 orang, KSP Kopdit Pintu Air terus berinovasi dengan bertransormasi menjadi Koperasi yang melek RAT KE-XXVI PINTU AIR MENUJU KOPERASI DIGITAL digitalisasi. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran aplikasi KSP Kopdit Pintu Air dan aplikasi Pintu Air Pay, di Aula Sumur Yakob, Jumat, 20 Mei 2022.

General Manager KSP Kopdit Pintu Air, Gabriel Pito Sorowutun, menjelaskan tujuan Pintu Air masuk ke dunia digitalisasi adalah untuk mengikuti perkembangan zaman saat ini serta memberikan kenyamanan dan kemudahan anggota untuk bertransaksi dari manapun dan kapanpun.

Aplikasi KSP Kopdit Pintu Air merupakan aplikasi android yang berisikan berbagai informasi seputar pelayanan, pertumbuhan dan perkembangan Kopdit Pintu Air yang dapat diakses oleh semua kalangan baik anggota dan calon anggota.

“Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pendaftaran anggota secara online bagi calon anggota yang tertarik dan berminat untuk bergabung bersama Kopdit Pintu Air,” jelas Gabriel.

Dikatakanya persyaratan untuk bergabung menjadi anggota Pintu Air melalui aplikasi KSP Kopdit Pintu Air sangatlah sederhana, hanya dengan memiliki handphone, android, KTP dan Kartu Keluarga, seseorang sudah dapat bergabung menjadi anggota Pintu Air dan bisa mulai bertransaksi.

Selain itu, terdapat aplikasi Pintu Air Pay yang merupakan e-banking milik Pintu Air dan dapat digunakan untuk pembelian pulsa, pembayaran BPJS, asuransi, multi finance, kartu kredit, informasi saldo Pintu Air, simpanan, hingga pinjaman.

Dalam aplikasi tersebut jelas Gabriel, anggota dapat melakukan transaksi transfer dan top up dari rekening tabungan Sibuhar seperti transfer ke antar Kopdit hingga ke bank. “Kami berharap dengan hadirnya aplikasi-aplikasi ini, minat dari masyarakat untuk bergabung menjadi anggota Pintu Air meningkat,” ujarnya

Pembukaan RAT Oleh Deputi Koperasi dan UKM RI

KSP Kopdit Pintu Air kembali menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-XXVI Tahun Buku 2021 yang dibuka oleh Deputi Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Ahmad Zabadi yang ditandai dengan pemukulan gong, di Aula Sumur Yakob, Jumat (20/5/2022).

RAT tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kerja pengurus, pengawas dan manajemen Pintu Air serta mendengarkan saran dari anggota untuk menghadapi tahun buku yang baru. Hal tersebut disampaikan Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano pada pidatonya.

Dia mengatakan bahwa, hingga memasuki RAT yang ke-XXVI, total asset Pintu Air mengalami peningkatan 300 Miliar dari total aset tahun buku 2020 1,3 triliun ke angka 1,6 triliun dengan jumlah anggota riil 272.225 serta semua anggota yang terdaftar sebanyak 319.780. Jano menegaskan target di tahun buku 2025, jumlah anggota Pintu Air mencapai 1 juta anggota, untuk itu ia berpesan kepada seluruh pengelolah yang ada di kantor pusat hingga di setiap cabang yang tersebar diseluruh Indonesia agar bekerja dengan sunggu dan melayani anggota dengan hati.

“Kita harus melayani anggota yang terdiri dari Nelayan, Tani, Ternak dan Buruh (NTTB) dengan tulus agar anggota nyaman dan mau menyebarluaskan kemudahan-kemudahan yang didapatkan di Pintu Air sehingga target 1 juta anggota dapat terwujud,” tuturnya.

Deputi Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Ahmad Zabadi saat membuka RAT tersebut menyatakan mendukung apa yang dikemukakan oleh Yakobus Jano untuk 1 juta anggota di tahun buku 2025. Kerena menurutnya sebuah koperasi besar kerena jumlah anggota yang banyak.

Untuk itu ia berpesan agar para pengelola tidak hanya melayani anggota sekedar saat mereka butuh, tetapi juga melayani anggota dengan senyuman dimanapun dan kapanpun serta menjaga kepercayaan anggota di seluruh Indonesia.

“Harapan anggota bergabung dengan koperasi adalah kesejahteraan meningkat atau ekonomi mereka membaik. Jadi Pintu Air harus mewujudkannya,” tandasnya.

Dikatakanya Pintu Air merupakan salah satu Koperasi terbesar dengan jumah anggota yang banyak serta sangat berpihak kepada msyarakat kecil yang terdiri dari 4 elemen yakni, nelayan, tani, ternak dan buruh.

Seminar Sehari

Dalam menyongsong RAT ke-XXVI Tahun Buku 2021, KSP Kopdit Pintu Air menggelar seminar sehari yang berlangsung di Aula Sumur Yakob, Kantor Pusat Pintu Air, Rotat Indonesia, Kamis, 19 Mei 2022. Seminar sehari tersebut bertema “Etika Komunikasi Pemimpin Yang Berkarakter” yang dibawakan oleh Wakil Rektor 1 Universitas Nusa Nipa Indonesia, Jonas K.G.D Gobang.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano menyebut kegiatan ini adalah rencana Tuhan yang sungguh mulia, kerena pada dasarnya kegiatan tersebut tidak ada dalam agenda namun dengan campur tangan Tuhan, kegiatan tersebut terlaksana. Dikatakannya, tujuan mengambil tema Etika Komunikasi Pemimpin yang Berkarakter adalah untuk membentuk karakter karyawan KSP Kopdit Pintu Air serta memaksimalkan kemampuan dalam diri karyawan agar dapat bekerja sesuai visi dan misi lembaga.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini, karakter dari setiap karyawan dapat terbentuk dengan baik sehingga tujuan kita untuk mensejahterakan 4 elemen masyarakat terwujud,” tuturnya.

Tak hanya tema Etika Komunikasi Pemimpin yang Berkarakter, KSP Kopdit Pintu Air juga memberikan kepada peserta kegiatan yang terdiri dari Jajaran Pengurus, Pengawas dan Menejemen Pintu Air asupan pengetahuan dengan tema “Peran Koperasi Bagi Anggota UMKM KSP Kopdit Pintu Air Pasca Pandemi Covid-19” yang dibawakan oleh, Pemimpin Umum media Warta Flobamora, Leo Larantukan.

Salah seorang peserta kegiatan, Petrus Simon mengatakan kegiatan seperti itu harus terus dilakukan setiap menjelang RAT agar para Pengurus, Pengawas dan Menejemen KSP Kopdit Pintu Air mendapatkan asupan pengetahuan sehingga dapat dengan baik mempersiapkan diri memasuki tahun buku yang baru.

“Semoga kegiatan ini terus diadakan sehingga kami lebih dibentuk untuk menghadapi tahun buku yang baru,” ucap Ketua Komite Pintu Air Cabang Akkareso Makassar itu. ***