trustnews.id

Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Optimis Bakal Meningkatkan Dukungan Bagi  PAD
istimewa

Menginjak tahun 2023, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Jaya Mandiri, Sukabumi, Jawa Barat,  punya optimisme yang jauh lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Optimisme ini muncul karena semakin berkembang pesatnya proyek infrastruktur yang ada terutama di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, baik yang dikembangkan pemerintah pusat maupun daerah, seperti seperti hadirnya jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) serta Penetapan Geopark Ciletuh sebagai destinasi wisata taman bumi yang ditetapkan oleh UNESCO. Tentunya, kehadiran melalui dukungan infrastruktur ini berdampak positif terhadap laju permintaaan pelayanan air bersih di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Dengan dukungan dan perubahan besar yang terjadi ini kami yakin mampu memberikan sumbangsih terbaik bagi pengembangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada pemerintah daerah, sebagai bentuk komitmen Perumdam Tirta Jaya Mandiri terhadap pembangunan ekonomi daerah tahun 2023,” ungkap Direktur Teknik Perumdam Tirta Jaya Mandiri, Sukabumi, Iyus Sugiarto belum lama ini kepada TrustNews.

Apalagi, lanjutnya dari Unit Teknik Perumdam Tirta Jaya Mandiri, di tahun 2023 berkomitmen untuk lebih fokus pada penurunan tingkat kehilangan air/NRW (Non Revenue Water), yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan perbaikan pelayanan menjadi 24jam.

Di sisi lain, unit ini juga akan lebih terpusat pada perbaikan kualitas air dengan program SCADA (Supervisoty Control and Data Acquisition), yang diharapkan akan berdampak pada penurunan biaya operasional khususnya bahan kimia.

“Langkah ini juga sejalan dengan upaya kami dalam memenuhi kualitas air sesuai Permenkes No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum.  Terkait soal kualitas air ini kami melakukan perubahan pengoperasian WTP yang dilakukan system manual beralih ke system SCADA (Supervisoły Control and Data Acquisition),” tandasnya.

Selain itu, langkah yang tidak kalah penting adalah dengan menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dalam bidang Pemeriksaan dan Pengawasan Kualitas Air.

“Kerjasama ini menjadi salah satu pilot project di Jawa Barat antara Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dengan Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi,” lanjut Iyus Sugiarto. (TN)