trustnews.id

Upaya PT Air Bersih Jatim Tingkatkan Pemerataan Air

Upaya PT Air Bersih Jatim Tingkatkan Pemerataan Air

DAERAH Jumat, 10 Februari 2023 - 12:28 WIB TN

Di tengah geliat ekonomi yang semakin membaik usai diterjang badai pagebluk, PT Air Bersih Jatim (PTAB Jatim Perseroda) berkomitment untuk terus menambah cakupan pelayanan air bersih di Jawa Timur. Komitmen ini ditopang dengan keberadaan 2 proyek Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) Regional yang ada pada tahapan perencanaan yaitu SPAM Regional Pantura (Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro) dan SPAM Regional Probolajang (Kabupaten/Kota Probolinggo dan Kabupaten Lumajang).

Pada saat ini PTAB Jatim mengelola 2 (dua) SPAM Regional untuk pelayanan domestik dan 1 (satu) SPAM untuk pelayanan industri, yakni SPAM Regional Mojolagres. Direncanakan melayani 21.000 SR atau setara dengan 105.000 Jiwa. Saat ini yang sudah menyerap air bersih ± 14.592 SR atau setara dengan 72.960 Jiwa. Sehingga dari target rencana SPAM Regional Mojolagres, 69.5% sudah menikmati air bersih yang dilayani AJB.

Adapun SPAM Regional Umbulan, Direncanakan melayani 260.400 SR atau setara dengan 1.302.000 Jiwa. Saat ini yang sudah menyerap air bersih ± 184.200 SR atau setara dengan 921.000 Jiwa. Sehingga dari target rencana SPAM Regional Umbulan, 71% sudah menikmati air bersih yang di layani PTAB Jatim.

SPAM industri Kawasan PIER Pasuruan, direncanakan untuk melayani 100 Pabrik industri. Saat ini sudah melayani sebanyak 98 Pabrik industri dengan kapasitas + 100 liter/detik.

"Operasional produksi dan distribusi dilaksanakan secara optimal dengan memanfaatkan teknologi sistem otomatisasi sehingga memudahkan pengawasan pelayanan," ujar Joko Triono, Direktur Utama PT. Air Bersih Perseroda menjawab TrustNews.

"Tentunya pelayanan langsung ke masyarakat selalu bekerjasama dan bersinergi dengan PDAM-PDAM Kabupaten/Kota terkait guna terpenuhinya pelayanan yang maksimal," tambahnya.

Dalam pelayanan penyediaan air bersih kepada masyarakat, lanjutnya, PTAB Jatim terus berupaya menghasilkan air yang bersih dan sehat dengan melaksanakan uji laboratorium secara periodik guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan PerMenKes 492/2010 Standar Kualitas Air Minum, yang layak bagi masyarakat.

"Dalam meningkatkan pelayanan dan pemerataan air bersih sesuai dengan rencana, Pemerintah Pusat (melaui Kementrian PUPR) dan Pemerintah Daerah (Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota) memberikan dukungan terhadap pembangunan fisik insfrastruktur air bersih guna mendukung layanan ke masyarakat," ucapnya.

"Dukungan lainnya yang tak kalah penting dari pemerintah daerah adalah dukungan terkait kemudahan proses perijinan pelaksanaan kegiatan pengembangan SPAM Regional di daerah Kabupaten/Kota sehingga pembangunan bisa terlaksana dengan cepat dan lancar," jelasnya.

Ditegaskannya, seluruh insan PTAB Jatim berkomitmen secara bersama-sama dengan semangat gotong royong mewujudkan tujuan perusahaan yaitu menjadi penyelenggaran SPAM di wilayah Provinsi Jawa Timur yang handal dan professional.

"Semangat belajar untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian sumber daya manusia guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan stockholder lainnya ditunjang oleh manajemen yang handal. Kebocoran pipa air ataupun gangguan pelayanan lainnya dapat segera diselesaikan dengan kerjasama yang baik dari seluruh insan PTAB Jatim," ujarnya.

PTAB Jatim berusaha memfasilitasi pengembangan SPAM lintas Kabupaten/Kota di Jawa Timur guna mendukung program Pemerintah saat ini yaitu meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat sesuai dengan target Sustainable Development Goal (SDG’s) yang ingin dicapai pada tahun 2030.

Dengan terbangunnya infrastruktur air bersih di wilayah pelayanan SPAM Regional, maka kebutuhan akan air bersih dan sehat bagi masyarakat Jawa Timur terpenuhi, terutama di daerah-daerah yang rawan air (Kekeringan).

Hal ini bisa menjadi pengungkit ekonomi masyarakat di sekitar daerah pelayanan SPAM Regional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum. Indikator keberhasilan adalah salah satunya penurunan angka stunting, peningkatan kesehatan masyarakat secara umum.

"PT AB Jatim ke depan menjadi penyelenggara SPAM di wilayah Provinsi Jawa Timur yang handal dan profesional. Memberikan pelayanan air bersih di wilayah usaha yang dikelola PT Air Bersih Jatim (Perseroda) sesuai dengan Kualitas, Kuantitas, Kontinyuitas dan Keterjangkauan (K4) bagi masyarakat Jawa Timur," ujarnya.

"Selain itu secara Perseroan juga berperan dalam peningkatan perekonomian Provinsi Jawa Timur melalui pengembangan usaha dan setoran deviden," pungkasnya. (TN)