trustnews.id

Strategi PT Pegadaian Wilayah Jawa Barat Menjawab Tantangan
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID – Situasi ini juga dirasakan PT Pegadaian Wilayah Jabar. Maraknya usaha gadai di luar Pegadaian menjadi tantangan terbesar yang kompetitif. Strateginya mau tidak mau harus meningkatkan kualitas produk dan mengedepankan pelayanan terbaik agar perusahaan mampu mempertahankan eksistensinya, termasuk soal nasabah. 

Maraknya gadai swasta yang saat ini diperbolehkan beroperasi berdasarkan kebijakan OJK yang baru, sedikit banyak membuat pasar lebih kompetitif. Upaya dalam meningkatkan kualitas produk maupun pelayanan menjadi tantangan sendiri bagi perusahaan, guna mempertahankan nasabah.

“Kami sangat optimis untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan memanfaatkan peluang pasca Covid-19, dimana masyarakat sudah mulai aktif kembali untuk mengembangkan usaha dengan memberikan program-program penunjang modal usaha dari Pegadaian,” terang Muh Ariyadi Purwanto, Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil Bandung. 

Fokus perhatian kinerjanya diarahkan untuk menumbuhkembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Barat serta meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah melalui program Agen Pegadaian. 

Sejumlah pelaku UMKM sudah dibekali peningkatan kompetensi dan diasah pengalamannya, melalui bekalpelatihan seperti fotografi, PaDi dan mengikutsertakannya dalam kegiatan pameran. 

“Untuk kedepannya kami akan terus berumembantu dan mendampingi UMKM yang telah menjadi binaan dan juga menjaring UMKM baru untuk dijadikan binaan. Nantinya pelaku UMKM ini akan diikutsertakan di ajang pameran dari tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Beberapa pelaku UMKM kami berikan bantuan sarana produksi ataupun branding,” tandas Ariyadi meyakinkan. 

Semoga ke depan PT. Pegadaian terus berinovasi dan meningkatkan transformasi digital guna menghadapi tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Lalu, PT. Pegadaian dapat memperluas jangkauan dan jenis layanan yang ditawarkan kepada masyarakat.