trustnews.id

SGS Hingga EBT Inovasi PLN Batam
Dok, Istimewa

SGS Hingga EBT Inovasi PLN Batam

NASIONAL Selasa, 06 Juni 2023 - 10:35 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID – PT PLN Batam siap memasok listrik yang andal dan kompetitif dari sumber daya energi baru terbarukan (EBT) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta industri di Batam, Kepulauan Riau. 

Direktur Utama PT PLN Batam, Muhammad Irwansyah Putra, mengatakan, saat ini daya mampu kelistrikan di Batam mencapai 569 megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 538 MW. PLN memproyeksikan Batam akan mengalami surprised demand pada tahun 2026 sebesar 508 MVA dan terus meningkat kebutuhan hingga 1.008 MVA pada tahun 2030. 

"Optimalisasi yang dilakukan PLN Batam dengan mempersiapkan kebutuhan kelistrikan industri sesuai dengan permintaan dari pelaku Industri di Kota Batam. Energi yang dibutuhkan sampai dengan 2026 sebesar 508 MVA. Dari jumlah tersebut 126MV merupakan Energi Baru Terbarukan (EBT). 

Irwansyah membeberkan data, pertumbuhan konsumsi listrik di Batam sendiri mengalami lonjakan signifikan. Sepanjang tahun 2022, konsumsi listrik meningkat sebesar 14,71 persen dari 2,56 juta Megawatt hour (MWh) pada tahun 2021 menjadi 2.94 juta MWh pada tahun 2022. Angka ini juga berada di atas pertumbuhan konsumsi listrik nasional yang berada di angka 6,17 persen. 

“Tahun 2022 pertumbuhan konsumsi listrik di Batam luar biasa, kalau tahun 2021 hanya tumbuh 5,01 persen, tahun 2022 ini lebih dari 14 persen. Ini menunjukkan roda ekonomi di Batam mengalami pertumbuhan,” ucapnya. 

"Untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan listrik, PLN merencanakan penambahan kapasitas pembangkit sebesar 860 MW hingga 2030. Sehingga kami yakin siap memenuhi," tambahnya. 

Terkait listrik dari EBT, jelaskannya, PLN Batam telah melakukan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Rencana Kerja Sama Potensi Pengembangan, Pembangunan, Kepemilikan, dan Pengoperasian Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung di Indonesia, 

“Pembangunan PLTS Apung 42 MWp ini merupakan proyek EBT terbesar di Kepulauan Riau yang akan menjadi etalase untuk mengundang investor luar untuk berinvestasi di Batam. Oleh karena itu pertumbuhan ekonomi akan semakin pesat yang sejalan dengan meningkatnya kualitas hidup dan masyarakat Batam, serta mewujudkan pembangunan Pulau Batam, Rempang dan Galang yang berkelanjutan,” ujarnya. 

Menurutnya, PLN Batam mendukung penuh kebijakan PT PLN (Persero) dalam Transisi Energi dimana program Pemerintah untuk peningkatan bauran energi baru terbarukan hingga tahun 2025 sebesar 23%. Komitmen ini juga sudah dituangkan dalam dokumen RUPTL PLN Batam 2023- 2032 yang saat ini masih berproses berupa pengembangan PLTS hingga 125 MW di tahun 2026. 

“Dengan inisiasi pengembangan PLTS Apung di Waduk Tembesi sebesar 42 MWp, melalui sinergi antara PT Energi Baru TBS, PT PLN Nusantara Power dan PT PLN Batam. Kita harapkan kegiatan ini menjadi batu loncatan dalam kerjasama yang lebih besar dan kemitraan untuk pengembangan EBT lainnya. Harapan kami kedepannya kerjasama ini tidak terbatas hanya di Wilayah Batam dan bisa dikembangkan untuk daerah lain," paparnya. 

Terkait pembangkit listrik ramah lingkungan, diterangkannya, PLN Batam menghadirkan inovasi layanan khusus Smart Green Services (SGS) untuk memenuhi kebutuhan listrik berbasis energi bersih terintegrasi ke kawasan industri di Batam. Langkah ini merupakan upaya PLN menghadirkan kemudahan layanan bagi pelanggan dan menjadi bagian dari komitmen PLN Group untuk mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060. 

"Layanan khusus SGS adalah layanan penyambungan listrik yang komprehensif dengan pasokan listrik bersih dari PLTS Atap. Tidak hanya PLTS Atap, layanan ini juga dilengkapi fasilitas teknologi sistem informasi melalui IoT dan produk layanan lainnya seperti smart home atau smart office, smart meter dengan sistem manajemen energi, internet broadband, dan kamera pengawas/CCTV. Layanan ini hadir menggunakan tarif tenaga listrik untuk keperluan khusus yang tetap bersaing," ujarnya. 

Bagi Irwansyah, sebagai perusahaan penyedia energi listrik utama di wilayah Batam, bright PLN Batam terus melakukan inovasi guna meningkatkan layanan bagi pelanggannya. 

"PLN Batam ingin memberikan kemudahan layanan dan pengalaman yang baik untuk pelanggan dengan menyediakan listrik di Kota Batam dengan baik untuk industri, bisnis, kantor pemerintahan, sosial dan rumah tangga dan sektor lainnya," pungkasnya.