trustnews.id

Askrindo Cabang Malang, Jawa Timur Andalkan Kekuatan Potensi Wilayah Untuk Tingkatkan Eksistensi Bisnis

TRUSTNEWS.ID,. - Perkembangan Industri Asuransi di wilayah Malang, Jawa Timur, menunjukkan trend yang semakin membaik pasca pandemi Covid 19. Tentunya situasi ini tidak dibiarkan begitu saja, melainkan dijadikan momentum untuk dapat meningkatkan eksistensi bisnis Perusahaan. Salah satu langkah yang saat ini tengah ditempuh oleh Askrindo adalah dengan meningkatkan optimalisasi potensi wilayah. 

Sebagai salah satu Lembaga Penjamin yang telah berdiri sejak tahun 1971, Seperti diketahui, saat ini wilayah kerja Askrindo kantor Cabang Malang meliputi Kota/Kab. Malang, Kota Batu, Kota/ kab. Pasuruan dan Kota/Kab. Probolinggo. Dari wilayah tersebut dapat dipetakan potensi bisnis di masing-masing wilayah. Untuk di wilayah Malang, peluang yang masih sangat terbuka yakni di sektor Pendidikan dan pariwisata. Untuk wilayah Batu, yang paling menonjol sektor pariwisatanya. Sedangkan wilayah Pasuruan, yang jadi perhatian adalah sektor industri dan terakhir untuk wilayah Probolinggo lebih menitikberatkan pada sektor pertanian, perkebunan dan beberapa industri lainnya. 

Dengan potensi wilayah yang telah terbagi tersebut, memberikan optimisme tersendiri bagi Askrindo Cabang Malang untuk lebih melebarkan sayap bisnisnya dalam menangkap peluang pasca pandemi Covid-19, terutama melalui penyaluran kredit sebagai modal kerja. Langkah ini yang menjadi peluang Askrindo sebagai Lembaga Penjamin, untuk dapat ikut meningkatkan pasar penyaluran kredit Perbankan, baik untuk kredit program (KUR) maupun kredit komersial non program. Selain itu Askrindo juga dapat memberikan perlindungan kepada pemilik pekerjaan dari resiko wanprestasi untuk proyek pekerjaan konstruksi / non konstruksi dengan produk Suretyship (Surety Bond / Kontra Bank Garansi) yang dimiliki. Askrindo juga memiliki produk General Insurance untuk memberikan jaminan atas kerugian atau kerusakan yang terjadi pada objek yang di asuransikan, maupun perlindungan jiwa untuk perjalanan anda dengan harga yang terjangkau. 

Salah satu target besar dalam penyaluran kredit di Malang adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang meliputi tempat kost, warung-warung makan di sekitar kampus serta di sekitar tempat wisata, pengrajin souvenir, hotel/ tempat penginapan, para petani2 maupun peternak. 

Disini, Askrindo berperan sebagai jembatan penghubung antara UMKM dengan Perbankan. Sebagai salah satu instansi yang ditunjuk oleh Pemerintah sebagai penjamin penyaluran Kredit KUR, peran Askrindo sangat berarti. Selain sebagai Lembaga Penjaminan Kredit KUR dari Perbankan, Askrindo juga mempunyai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang merupakan komitmen Perusahaan terhadap pembangunan dan pemberian manfaat ekonomi lebih kepada masyarakat kecil sehingga usaha masyarakat kecil menjadi lebih Tangguh dan mandiri. Salah satu usaha binaan TJSL Askrindo Cabang Malang adalah pelaku usaha sapi perah di Batu. 

Semoga di tahun ke – 52 Askrindo menjalankan bisnisnya, Askrindo Cabang Malang semakin berkembang maju dan menguasai pasar. Akses cepat, mudah dan praktis serta dapat dijangkau hingga di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Sehingga Askrindo ke depan mampu dalam membantu peningkatan perekonomian di wilayah Malang Raya dengan meningkatkan dan memajukan UMKM.