trustnews.id

Fidri Arnaldy CEO Bank DKI Saya Ingin  Bank DKI  Nomor 1
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Dalam waktu singkat, 22 bulan, Fidri ketika menjabat sebagai Direktur Bisnis Ritel Bank BRI Syariah berhasil memperbaiki sistem dan manajerial serta kinerja maupun nilai sahamnya yang dibangun selama 22 bulan. Adapun hasilnya aset mengalami peningkatan dari Rp37 triliun menjadi Rp58 triliun (Desember 2020).

Implementasi digital loan (I Kurma) yang merupakan aplikasi digital untuk memproses pembiayaan mikro dan harga saham menyentuh angka tertinggi pada level Rp3.350 dan masuk kedalam kelompok perbankan BUKU 3 dari sebelumnya yang berada pada kelompok perbankan BUKU 2.

Begitu juga saat dirinya dinobatkan sebagai Pemimpin Wilayah Terbaik Nomor 1 secara nasional saat memimpin Kantor Wilayah Semarang, dimana pertama kali terjadi dalam sejarah BRI selama 16 bulan berturut-turut sebagai Kantor Wilayah Terbaik Nomor 1 seluruh Indonesia.

Berbekal pengalaman itulah, Fidri mengaplikasikannya saat memimpin Bank DKI hingga tampil ciamik. Berikut wawancaranya dengan TrustNews di Kantor Pusat Bank DKI, Jakarta Pusat.

Bagaimana Anda mengubah performa Bank DKI menjadi bank yang begitu agresif hanya dalam waktu dua tahun (Fidri Dilantik menjadi Dirut Bank DKI pada 28 Juni 2021). Apa resep rahasianya?

Saat saya ditunjuk oleh Pemegang Saham untuk memimpin Bank DKI, saya diamanahkan agar Bank DKI menjadi BPD nomor satu di Indonesia. Karenanya, tidak ada pilihan lain lagi bagi Bank DKI selain melakukan transformasi.

Untuk itu saya menyusun formulasi arah kebijakan strategis dengan tema utama “Menciptakan Akselerasi Pertumbuhan Berkualitas Dengan Transformasi” yang mengacu pada 6 (enam) aspek utama yakni; (1) Aspek Bisnis, (2) Aspek Support Pemprov, (3) Aspek SDM & IT, (4) Aspek Customer, (5) Aspek GRC (Governance Risk & Compliance), (6) Aspek Strategis, dengan berfokus pada kepada sumber daya manusia dan IT. Kalau ini semua sudah berjalan maka akan lebih mudah untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Selain itu, saya menyusun konsep komunikasi yang jelas baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu cara yang saya terapkan adalah melalui berbagai kegiatan bersifat engagement seperti TownHall Meeting, Business Meeting dan BigBang, tentunya dengan mengajak seluruh karyawan. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, saya menyampaikan bagaimana cara membangun etos kerja dan me-manage kerja yang baik sehingga memiliki output yang berkualitas.

Secara teori itu bisa dilakukan, namun bagaimana Anda mengimplementasikannya. Mengingat bank umum dan BPD memiliki kultur yang jauh berbeda?

Saya mengawali karir sebagai seorang bankir di Bank BRI. Overall Saya telah bekerja lebih dari 32 (tiga puluh dua) tahun di industri perbankan pada berbagai bidang, mulai dari pemasaran baik kredit dan dana, audit internal, operasional, hubungan kelembagaan, dimulai dari Staf, Pimpinan Cabang, Pemimpin Wilayah, Direktur Bisnis Ritel Syariah sampai dengan Direktur Utama Bank DKI, dengan pengalaman pindah sebanyak 18 (delapan belas) kali di seluruh Indonesia, baik perbankan konvensional maupun syariah.

Dari rentang perjalanan yang panjang tersebut, ada satu pengalaman yang membekas dalam hidup saya sebagai bankir yakni BRI Kanca Soa Sio Tidore tahun 2000-2002 dan Pasca Tsunami BRI Kanca Banda Aceh tahun 2007-2008.

Bisa Anda bayangkan sendiri kompleksitas dan kondisi yang harus Saya hadapi waktu itu, dari kedua situasi dan kondisi yang tidak normal itu satu hal yang saya petik, suatu organisasi tidak bergantung pada jumlah sdm nya, namun sangat bergantung pada leader dan kualitas SDM-nya. Dari perjalanan panjang itu, saya terapkan di Bank DKI bahwa seorang Pemimpin adalah selalu menjadi strong leader sekaligus sebagai role model. Saya juga senang menciptakan regenerasi pimpinan/kader yang berkualitas untuk melanjutkan estafet kepemimpinan.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi penerus yang tangguh yang menerapkan core value dan mengedepankan azas Prudential Banking serta penerapan GCG (Good Corporate Governance) yang baik dan sustainable sehingga Perusahaan dapat menjadi market leader Bisnis Perbankan yang terdepan baik di pasar domestik maupun pasar global.

Dengan resep yang sama dan disesuaikan dengan kondisi zaman itulah Anda terapkan di Bank DkI?

Alhamdulillah dengan 34 (tiga puluh empat) award yang didapatkan Bank DKI sepanjang tahun 2022, diantaranya satu-satunya BPD terbaik di dunia tahun 2022 (World's Best Banks) versi majalah Forbes, TOP BUMD 2022 sebagai BPD Berpredikat "Excellent" pada kategori KBMI 2 Bank dengan Aset Rp50 Triliun s.d. Rp100 Triliun oleh Majalah Infobank, The Best Performance Bank Kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD Aset > Rp30 Triliun) oleh Bisnis Indonesia, The Best Bank in Digital Services Kategori BPD Aset > Rp30 T oleh Majalah Tempo, hingga TOP Digital Implementation 2022 #STARS 4 oleh majalah IT Works.

Raihan award terus berlanjut di tahun 2023. Sampai dengan minggu pertama Juli, Bank DKI telah memperoleh total sebanyak 53 kategori penghargaan di berbagai kategori produk dan layanan, inovasi digital, compliance, termasuk penghargaan individu bagi kami diantaranya The Best CEO for Corporate Digital Transformation of The Year (Bapak Fidri Arnaldy) dan terakhir sebagai Top Banking CEO 2023 oleh The Iconomics.

Termasuk realisasi berbagai program unggulan diantaranya mendirikan Command Center untuk menguatkan fungsi koordinasi dan kontrol seluruh produk dan layanan digital Bank DKI, mendirikan Learning Center Bank DKI sebagai pusat pengembangan kompetensi dan kapabilitas Sumber Daya Manusia Bank DKI, merubah wajah website Bank DKI dengan tampilan yang lebih modern, efisien dalam menjelajah informasi dan media promosi untuk Bank DKI. Bank DKI juga menghadirkan New Flagship Branch yang mengusung konsep modern, comfort dan friendly serta dilengkapi mesin Cash Recycle Machine (CRM) untuk memberikan kemudahan nasabah dalam melakukan penarikan atau setor uang, serta ATM Mobile Cash yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi penarikan tunai tanpa kartu.

Saya ingin meninggalkan legacy yang terbaik pada Bank DKI dan fokus menjalankan kepemimpinan secara performance bisnis di Bank DKI untuk mencapai target sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) nomor 1 di Indonesia, menyukseskan Corporate Action dan dapat bersaing secara nasional maupun global.

Selain itu, menjaga amanah jabatan secara profesional, serta mencapai target-target dan harapan yang diberikan oleh Pemegang Saham. Menyelesaikan program Transformasi 5.0 dengan meningkatkan semangat kolaborasi sesama BUMD serta mengimplementasikan perwujudan tagline Sukses Jakarta Untuk Indonesia.

Harapan dari pencapaian target di atas, saya cita-citakan sebagai legacy ke-3 untuk perbankan BPD yang growth dan sustainable (sebelumnya sudah diberikan untuk Perbankan Konvensional BRI dan Perbankan Syariah BRIS.Dengan rahmat, anugerah dan izin Allah SWT Saya niatkan sebagai kontribusi untuk masyarakat dan customer Bank DKI, serta mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.