trustnews.id

Pentingnya Menanamkan Semangat Persatuan Dan Gotong Royong
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Dalam rangka merayakan peringatan Hari Koperasi ke-76 atau Hari Koperasi Indonesia tahun 2023, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan. Baik kegiatan di tingkat nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Adapun puncak acara Hari Koperasi ke-76 tahun 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 2023. Puncak acara Hari Koperasi Indonesia (HKI) tingkat nasional kali ini akan dirangkai di dua tempat, yaitu di Jayapura dan Jakarta.

Selain rangkaian acara puncak Hari Koperasi ke-76 di Jakarta pada tanggal 12 Juli 2023, Hari Koperasi Indonesia akan menggelar acara besar di Papua pada tanggal 25-30 Juli 2023 berupa pagelaran Budaya Nusantara sebagai sImbol kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Sekretariat Jenderal (Sekjen) Dekopin Sarjono Amsan, diperkirakan bahwa pelaksanaan acara Hari Koperasi Indonesia ke-76 skala nasional di dua tempat ini untuk mendorong pemerataan pertumbuhan dan pengembangan koperasi di timur Indonesia.

Di mata Ketua Umum KSP Kopdit Pintu Air, Nusa Tenggara Timur (NTT), Yacobus Jano, peringatan Koperasi tahun ini punya arti kekuatan yang sangat dahsyat. Maknanya Indonesia bisa memperoleh kemerdekaan karena semangat persatuan yang dilandaskan dengan karakter gotong royong. Dengan semangat gotong royong pula inilah yang menjadikan KSP Kopdit Pintu Air menjadi seperti sekarang ini.

“Dengan lahirnya lahirnya sumpah pemuda, maka menjadi satu kekuatan, walaupun dengan senjata bambu runcing, kita bisa kalahkan senjata modern,” tandas Jano kepada Trustnews belum lama ini.

Semangat gotong royong memiliki kekuatan sangat besar di dalamnya, baik itu dari sisi ekonomi, sosial dan politik.”Dengan semangat gotong royong berarti kita adalah satu untuk kemudian melahirkan bangsa yang besar dan maju. Bukan bangsa yang puluhan tahun merdeka, tapi masih bercokol pada predikat sebagai negara yang berkembang,” tandas Jano.

Sepatutnya bangsa ini sudah menjadi negara maju. Presdein RI Joko Widodo pun sudah menghimbau demikian.”Dengan masyarakat yang berprofesi sebagai tani, buruh nelayan, kalau disatukan maka kita akan kuat, dan ini akan mengantarkan kita menjadi bangsa yang besar, modern, sejahtera juga penghuninya. Disinilah hirarki semnngat dari tema tersebut,” tambahnya.