trustnews.id

Seribu Lebih Praja Pratama IPDN Siap Mengabdi Di Kabupaten Majalengka
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Selama 21 hari kedepan terhitung sejak tanggal 13 Juni sampai dengan 3 Juli 2023, praja pratama yang terdiri atas 736 orang praja putra dan 481 orang praja putri akan melaksanakan magang di 87 desa pada 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka. Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Majalengka, Panyingkiran, Kadipaten, Sukahaji, Jatiwangi, Dawuan, Palasah, Kertajati, Kasokandel dan Cigasong.

Kegiatan magang ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan IPDN guna memberikan kesempatan kepada praja untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan pekerjaan di instansi pemerintahan, baik tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan instansi pusat. Magang I di Kabupaten Majalengka tahun ini mengusung tema “Melalui Magang I Kita Tingkatkan Kapabilitas Praja Pratama dalam Pemahaman Nilai Indeks Desa Membangun”.

Selain pelaksanaan magang I di Kabupaten Majalengka, praja IPDN juga melaksanakan kegiatan magang II bagi 1.116 orang praja muda yang terdiri atas 217 orang di IPDN Kampus Sumatera Barat, 215 orang di IPDN Kampus Kalimantan Barat, 229 orang di IPDN Kampus Nusa Tenggara Barat, 109 orang di IPDN Kampus Sulawesi Utara, 239 orang di IPDN Kampus Sulawesi Selatan dan 111 orang di IPDN Kampus Papua, pelaksanaan magang II ini dilaksanakan di pemerintah daerah sekitar kampus ipdn daerah masing-masing serta pelaksanaan magang III bagi 1.098 orang praja madya yang dilaksanakan di Kota Tasikmalaya.

Kegiatan magang ini disinergikan dengan beberapa program atau kegiatan pemerintah Kabupaten Majalengka yang saat ini sedang berlangsung, khususnya berkaitan dengan Indeks Desa Membangun (IDM). Masih menurutnya, Kabupaten Majalengka dipilih menjadi lokasi magang I karena berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, prestasi capaian nilai Indeks Desa Membangun di Kabupaten Majalengka pada tahun 2022 menduduki peringkat 3 se-Jawa Barat. Pada 87 desa yang saat ini menjadi lokasi magang, terdapat 31 desa yang berkategori desa mandiri, 47 desa kategori maju dan 9 desa kategori berkembang.

“Kehadiran praja disini semoga dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan desa yang ada di Majalengka”, Hadi Prabowo.

Sebelumnya, pada hari Jumat (09/06/2023) telah terlebih dahulu dilaksanakan pembekalan magang I di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor yang dihadiri oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Majalengka, Drs. Toto Prihatno, S.Sos., MP mewakili Bupati Majalengka.