trustnews.id

BNI 03 Palembang Layanan Digital Bikin Mudah Nasabah
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah 03 Palembang aktif melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi literasi keuangan dengan cara mengoptimalkan digitalisasi. Kanal digital yang disediakan perseroan diyakini kian mempermudah nasabah mengakses layanan perbankan.

Wirawan Ari Rachmana, Pemimpin BNI Wilayah 03 Palembang, mengatakan BNI akan terus memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Dalam meningkatkan akses keuangan tersebut, BNI menjalankannya melalui dua produk utama, yakni tabungan dan pembiayaan. Keduanya dioptimalkan memakai kanal digital.

"Kami secara rutin melakukan edukasi kepada setiap nasabah yang bertransaksi agar dapat melakukan transaksinya melalui perangkat digital yang ada di BNI. Sehingga nasabah dapat melakukan transaksi perbankannya kapan pun dan dimana pun dengan aman," ujar Wirawan Ari Rachmana menjawab TrustNews.

Sebagai informasi, area kerja BNI Wilayah 03 Palembang meliputi Sumbagsel yang terdiri dari 5 Provinsi yaitu : Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Pangkalpinang dan Bengkulu.

Untuk Sumsel ada 6 Cabang yaitu: Palembang, Musi Palembang, Prabumulih, Kayu Agung, Baturaja dan Lubuk Linggau. Untuk Jambi terdapat 4 Cabang yaitu: Jambi, Bangko, Kuala Tungkal dan Muara Bungo

Di Lampung Cabang BNI terdapat 3 Cabang yaitu: Tanjung Karang, Metro dan Kotabumi Bengkulu dan Bangka Belitung masing-masing terdapat 1 Cabang yaitu: Bengkulu dan Pangkalpinang.

"Secara keseluruhan BNI RO 03 memiliki 15 Kantor Cabang dan 112 Kantor Cabang Pembantu," jelasnya.

Wirawan mengatakan, BNI juga terus mempermudah transaksi bisnis nasabah melalui tiga champion product, yaitu BNIDirect, API Open Banking, dan BNI Mobile Banking.

BNI Direct hadir sebagai solusi terintegrasi untuk layanan payment management, collection management, liquidity management, hingga value chain management untuk mempermudah transaksi dan bisnis, terutama nasabah korporasi.

Sementara API Open Banking hadir untuk mempermudah pelaku usaha mengembangkan bisnis digitalnya, dan BNI Mobile Banking menjadi andalan nasabah individu hingga korporasi dalam bertransaksi tanpa batasan tempat dan jeda waktu.

Ada juga mesin BNI DigiCS, yang dapat membantu nasabah dalam melakukan pembukaan rekening hanya dalam waktu 3 menit saja. Selain itu BNI DigiCS juga dapat membantu nasabah melakukan penerbitan/penggantian kartu debit dan juga pembelian TapCash.

Tak cukup disitu ada juga BNI SPRINT, yang dapat membantu nasabah dalam melakukan transaksi seperti pencetakan rekening koran dan pencetakan buku tabungan.

"Inovasi BNI tentunya sudah sangat besar berdampak pada pelayanan yang diberikan kepada nasabah," ungkapnya.

BNI Wilayah 03 Palembang, lanjutnya, berperan aktif dalam pemberdayaan UMKM, di BNI terdapat Journey Pemberdayaan UMKM melalui pembiayaan yang dibagi menjadi tiga fase.

Fase pertama yaitu fase inisiasi (Go Productive), model pembiayaan berupa pendanaan UMK (Usaha Mikro dan Kecil) untuk peningkatan kapabilitas Produksi UMKM dan meningkatkan kemampuan usaha mikro kecil agar menjadi tangguh serta memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan Masyarakat.

Fase Akselerasi (Go Digital), Digitalisasi Proses Bisnis melalui pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR), penyaluran KUR serta dengan adanya pendampingan kepada pelaku usaha melalui digitalisasi proses bisnis dapat lebih efisien dan mempersiapkan umkm dengan pendampingan pasar Online seperti bekerjasama dengan BNI x Shopee, BNI x PaDi (Pasar Digital).

Fase Scale Up (Go Global, Pembiayaan dengan Skema Komersial, yaitu penyaluran Kredit Komersial bagi UMKM yang telah feasible dan Bankable, untuk dapat terus mengembangkan pasarnya termasuk melalui ekspor.

"BNI percaya dengan adanya solusi digital, kontribusi UMKM terhadap perekonomian dapat dioptimalkan. Melalui kemudahan akses permodalan KUR melalui BNI Move, Agen 46. Melalui kemudahan teknologi BNI memiliki Smart Fisheries Fisn on Bersama FistX Aruna, untuk sektor pertanian menggandeng Smart Farming. 4.0 dan Agree Telkom. Untuk kemudahan transaksi BNI memiliki Qris, DigiCs, EDC Online, Digital open Account (DOA)," urainya.

Bagi Wirawan, indikator keberhasilan BNI dapat dilihat dari pertumbuhan kinerja solusi digital yang telah dilaksanakan, dimana capaian pertumbuhan penggunaan BNI Mobile Banking yang saat ini meningkat secara YOY yaitu 24,59%.

"Peningkatan literasi Keuangan melalui Agen 46, untuk mempermudah nasabah bertransaksi kami memperkuat agen yang saat ini tersebar sebanyak 13.704 Agen di Wilayah 03 dalam berbagai layanan transaksi yang dapat dinikmati oleh masyarakat di seluruh area Wilayah 03, baik dari sisi transaksi yang berkelanjutan seperti billing bulanan, life style hingga transportasi," pungkasnya.