trustnews.id

PLN UID Jateng-DIY Jaga Pasokan Listrik
Dok, Istimewa

PLN UID Jateng-DIY Jaga Pasokan Listrik

NASIONAL Sabtu, 21 Oktober 2023 - 21:36 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Banyak jalan menuju Roma" Pepatah ini terasa pas menggambarkan upaya PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta untuk terus mendukung program pembangunan daerah.

Hal ini diwujudkan dengan diselenggarakannya Multi Stakeholder Forum (MSF) PLN 2023 pada 13 kota dan kabupaten di wilayah Jawa Tengah dan DIY selama Agustus hingga September 2023.

Soffin Hadi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, mengatakan, penyelenggaraan Multi Stakeholder Forum (MSF) PLN 2023 merupakan sebuah inisiatif kolaboratif yang melibatkan pemangku kepentingan dari berbagai sektor.

"MSF PLN 2023 ini merupakan salah satu cara pendekatan inklusif yang memungkinkan PLN dan pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang untuk berbagi pandangan dan pengalaman mereka. Ini adalah kesempatan langka untuk berdiskusi, belajar dan menciptakan solusi bersama untuk mendukung pembangunan." tutur Soffin.

Dia pun melanjutkan, menjaga keberlangsungan operasional listrik di PLN Jawa Tengah dan D.I.Y dalam menghadapi tantangan dari geliat ekonomi yang semakin membaik adalah suatu prioritas yang penting.

"PLN terus bertransformasi agar bisa menjadi perusahaan yang Lean, Green, Innovative, Customer Focused," ujar Soffin Hadi saat berdiskusi dengan TrustNews.

Sofifin menjelaskan upaya PLN dalam melakukan transformasi mewakili empat Aspirasi yang menjadi arah perubahan PLN, yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused. Melalui Aspirasi Green, PLN terus meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan untuk menghasilkan listrik.

Dengan Aspirasi Lean, PLN memastikan pengadaan listrik yang handal dan efisien. Sedangkan, dengan Innovative, PLN akan memperluas sumber pendapatan baru. Terakhir, Customer Focused akan menjadikan PLN sebagai pilihan nomor satu pelanggan dalam solusi energi dan mencapai 100 persen elektrifikasi.

"Beberapa Langkah yang dapat diambil untuk mencapai tujuan tersebut, seperti peningkatan kapasitas pembangkit listrik dan infrastruktur listrik untuk memenuhi permintaan yang meningkat," ujarnya.

Kemudian, PLN melakukan diversifikasi Sumber Energi termasuk sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, tenaga angin, dan energi biomassa. Termasuk, melakukan Kerjasama dengan pemerintah daerah, sektor swasta, dan lembaga lainnya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung keberlanjutan"PLN juga membuat rencana pembangunan infrastruktur listrik jangka panjang dan melakukan studi kelayakan untuk memastikan bahwa rencana ini dapat diimplementasikan secara efisien," paparnya.

Pun upaya PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, dalam menjaga kepastian energi untuk pelaku industri, baginya, suatu hal yang sangat penting, karena industri seringkali merupakan pengguna energi besar dan sangat bergantung pada pasokan energi yang stabil.

"Saat ini pasokan tenaga listrik di Jawa Tengah sebesar 6.745 MVA dan beban puncak sebesar 4.652 MVA atau sekitar 69 persen. Itu artinya PLN masih sangat mampu untuk mendukung kebutuhan tenaga listrik di Jawa Tengah," tegasnya.

Seiring perjalanan waktu, menurut Sofifin, PLN memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan pengaduan layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center PLN 123.

"Untuk mempermudah pelanggan dalam melaporkan pengaduan, saat ini fitur pengaduan layanan pada Aplikasi PLN Mobile telah dirancang secara terintegrasi dengan baik, Jadi pelanggan dapat membuat laporan terkait gangguan kelistrikan dan laporan tersebut langsung diterima oleh petugas pelayanan teknik," ujarnya.

"Selain itu, pelanggan juga dapat memantau progres pengaduan secara real time. Pelanggan tidak perlu lagi datang kekantor cukup dari rumah segala akses bisa dilakukan dan “Semua makin mudah dalam satu genggaman," jelasnya.

Kemudahan pelayanan kepada pelanggan, dalam pandangannya, sebagai upaya nyata PLN untuk terus beradaptasi dengan melakukan berbagai strategi keberlanjutan yaitu dengan mengembangkan kualitas pelayanan dan produk, meningkatkan kompetensi SDM, maupun aspek penting lainnya.

"PLN harus terus beradaptasi dengan perubahan zaman demi mewujudkan pelayanan yang baik. Upaya yang PLN lakukan tentunya mempengaruhi kinerja keberlanjutan kami. Ada banyak tantangan yang dihadapi merupakan pembelajaran bagi kami untuk semakin berkembang," ungkapnya.

Melalui strategi keberlanjutan yang dijalankan PLN, menurutnya, diharapkan dapat menghadirkan tenaga listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia bisa tercapai.

"Ujung dari strategi keberlanjutan yang dijalankan PLN akhirnya akan memberikan dampak keberlanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan PLN hari ini maupun bagi generasi yang akan datang untuk Indonesia yang lebih maju," pungkasnya.