trustnews.id

Hingga Triwulan III Tahun 2023, Jasa Tirta I Sebar 390.000 Benih Ikan Di Waduk Di Daerah Jatim Dan Jateng

TRUSTNEWS.ID,. - Bersama dengan stakeholder dan mitra terkait, Jasa Tirta I laksanakan kegiatan tebar 390.000 benih ikan di Waduk daerah Jatim dan Jateng hingga Triwulan III tahun 2023. Kegiatan penebaran benih ikan dilaksanakan sesuai dengan salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) PJT I dalam hal pengelolaan Sumber Daya Air.

Kegiatan penebaran benih ikan dilakukan untuk menjaga keseimbangan akuatik di Waduk yang dikelola oleh PJT I. Kegiatan penebaran ikan ini adalah upaya PJT I untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum waduk. Kegiatan bersama dengan para stakeholder terkait serta kelompok masyarakat menjadi upaya PJT I melibatkan seluruh pihak dalam menjaga keberlangsungan Sumber Daya Air (SDA) di Wilayah Sungai yang dikelola perusahaan. Rangkuman kegiatan penebaran benih ikan sebagai berikut.

Kamis 15 Juni 2023, PJT I melalui Divisi Jasa ASA III bersinergi PT PLN Indonesia Power melakukan penebaran sebanyak 100.000 ekor dua jenis benih ikan yang merupakan komoditas utama dari Waduk Wonogiri yaitu nila hitam dan ikan patin. Kegiatan ini rutin dilakukan di Waduk Wonogiri dalam upaya pelestarian ekosistem waduk. Selanjutnya pada Senin, 26 Juni 2023 PJT I Divisi Jasa ASA III melakukan penebaran 25.000 ribu benih ikan nila di Waduk Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Kegiatan diawali dengan seremoni kemudian para undangan yang hadir menaiki kapal untuk kemudian melakukan prosesi penebaran benih ikan nila ke waduk.

Kamis 27 Juli 2023 Jasa Tirta I Divisi Jasa ASA III melakukan penebaran 25.000 Ikan di Waduk Delingan. Waduk Delingan secara hidrologi memiliki induk Sungai yaitu Bengawan Solo. Waduk Delingan merupakan sebuah ekosistem air tawar yang berlokasi di Dukuh Pojok, Desa Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Memiliki fungsi utama untuk sarana irigasi pertanian bagi kurang lebih area seluas 2.410 hektar, waduk ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan wisata pemancingan dan kegiatan perikanan.

Kegiatan selanjutnya pada 20 September 2023 PJT I melaksanakan 2 kegiatan penebaran benih ikan masing-masing di Waduk Sutami – Lahor, Kabupaten Malang dan Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang. Kegiatan penebaran benih ikan ini merupakan agenda rutin perusahaan dalam menjaga ekosistem perairan, hal ini dilakukan karena ikan dianggap mampu dalam mengurangi hama air seperti eceng gondok, selain itu ikan-ikan ini diharapkan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Selanjutnya pada 20 September 2023 PJT I melaksanakan 2 kegiatan penebaran benih ikan masing-masing di Waduk Sutami – Lahor, Kabupaten Malang dan Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang. Kegiatan penebaran benih ikan dianggap mampu dalam mengurangi hama air seperti eceng gondok, selain itu ikan-ikan ini diharapkan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Di Waduk Sutami-Lahor, PJT I Divisi Jasa Asa I bersama instansi setempat melakukan penebaran 150.000 ikan nila dan 40.000 ikan tombro. Sedangkan Di Danau Rawa Pening, PJT I Divisi Jasa Asa IV bersama Pemerintah Kabupaten Semarang, PT PLN Indonesia Power, serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana juga melaksanakan penebaran 50.000 benih ikan nilem.