trustnews.id

Strategi IDSurvey Menjaga Keberlangsungan Bisnis
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Pada tahun 2021, BKI ditunjuk oleh pemerintah untuk menjadi Lead Holding BUMN Jasa Survei, bernama IDSurvey. Dan yang membanggakan, pada tahun ketiga sejak dibentuk, IDSurvey berhasil meningkatkan pertumbuhan bisnis dan efisiensi secara konsolidasi. Tema Green dan Life Science akan menjadi tema utama pengembangan bisnis IDSurvey dalam lima tahun ke-depan.  

“Insya Allah kami bisa lebih memastikan strategi holdingisasi, dan membuat peningkatan 3 entitas holding. Untuk tahap pertama ada persiapan, konsolidasi lalu ada tahap ke selanjutnya. Kami sudah membuat RJPP untuk 5 tahun ke depan agar IDSurvey bisa menjadi poros untuk 3 entiti ini, karena 3 entiti ini adalah perusahaan yang sehat. mudah-mudahan dengan ada holdingisasi ini kita harap di tahun 2024 membuat kita semakin melompat semakin tinggi,” terang R. Benny Susanto Direktur Operasional BKI kepada Trustnews melalui wawancara khusus belum lama ini.

IDSur vey yang beranggotakan PT BKI (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia menjaga keberlangsungan bisnisnya melalui upaya pengayaan portofolio bisnis eksisting serta pengembangan portofolio/sektor bisnis baru terutama melalui upaya penyertaan modal atau akuisisi, misalnya pada sektor teknologi, kendaraan listrik, dan life science.

Pertumbuhan bisnis dilakukan melalui fokus pengembangan bisnis di antara entitas-entitas bisnis IDSurvey (sector championship) sedangkan kemampulabaan bisnis diupayakan di antaranya melalui pengadaan dan pemanfaatan aset dan SDM Bersama, process business reengineering serta inisiatif-inisiatif shared service pada aspek pengembangan kompetensi personil, keuangan dan teknologi di lingkungan IDSurvey.

Upaya lainnya adalah dilakukannya kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan /organisasi /institusi internasional pada seluruh sektor. Dalam rangka pengembangan pasar global, BKI Cabang Singapura telah ditunjuk sebagai IDSurvey International hub yang mengkoordinir langkah-langkah strategis pertumbuhan bisnis global termasuk melalui pendirian titik-titk layanan luar negeri.

Sebagai penerima wewenang survey dan sertifikasi statutoria dari Kementerian Perhubungan, BKI turut berperan dalam keberhasilan Indonesia mempertahankan status White List berdasarkan Tokyo MoU, yang menunjukkan pengakuan dunia terhadap Port State Control (PSC) Indonesia sekaligus meningkatkan kepercayaan dunia terhadap aspek keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia dan menjadikan pelabuhan di Indonesia dapat bersaing dengan pelabuhan negara lain di dunia. BKI berperan penting dalam mewujudkan pelabuhan yang memiliki wawasan lingkungan (greenport) melalui layanan asesmen, surveilans dan konsultansi.

Bersama Kemenko Marvest IDSurvey telah menjalankan awarding “Green and Smart Port.” BKI juga terus meningkatkan peran dalam mendukung keamanan siber pada sektor maritime, yaitu dengan mengembangkan technical rules terkait hal ini. 

Menurut Benny, di antara keberhasilan BKI hingga saat ini yaitu mendapatkan kewenangan dari Kementerian Perhubungan untuk melakukan survey dan sertifikasi statutoria untuk kapal berukuran 500 GT atau lebih dengan rute pelayaran internasional serta kapal berbendera Indonesia yang berlayar di wilayah perairan domestik. Statutoria merupakan kegiatan yang berkaitan dengan wewenang negara dalam hal untuk menjamin keselamatan dan keamanan kapal serta agar menjaga perlindungan lingkungan maritim.

Kegiatan statutoria yang diberikan kepada BKI meliputi kegiatan pemeriksaan dan persetujuan kelaikan peti kemas sebagaimana tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KPDJPL 549 Tahun 2023.

IDSurvey (dengan BKI sebagai induk Holding) mempunyai ekspektasi masuk kedalam kelompok dua puluh besar perusahaan TIC (Testing Inspection and Certification) dunia pada tahun 2029 dimana saat ini IDSurvey berada pada posisi 25 besar dunia berdasarkan data-data dari berbagai sumber Internasional. “Saya berharap IDSurvey bisa menjadi wadah dunia TIC di Indonesia dan bisa menjadi perusahaan global,” harap Benny optimis.