trustnews.id

Bank Sumsel Babel Kualitas Layanan Di Tahun 2024

TRUSTNEWS.ID,. – Achmad Syamsudin, Direktur Utama Bank Sumsel Babel, menguar keoptimisannya bank yang dipimpinnya akan mampu menjaga trend positif di 2024, meski di tengah berbagai tantangan ekonomi dan bisnis.

Sebagaimana diketahui, sepanjang 2023 bank yang menjadi pilar keuangan penting di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, ini memperoleh pencapaian kinerja yang mengesankan.

Dengan total aset naik sebesar 8.80% dari tahun sebelumnya (yoy), Bank menunjukkan tak hanya kemampuan mengelola keberlanjutan tetapi juga potensi pertumbuhan yang signifikan. Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp27.13 triliun mencerminkan kepercayaan yang terus meningkat dari para nasabah serta peningkatan kapabilitas dalam mengelola dan mengalokasikan sumber daya secara efisien.

Begitu juga dukungan terhadap sector ekonomi lokal, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah, Bank Sumsel Babel berhasil menyalurkan kredit dengan kenaikan secara signifikan sebesar 13.35%.

Laba sebelum pajak juga menunjukkan peningkatan luar biasa yaitu sebesar Rp760,503 miliar atau naik 8,40% merupakan bukti bahwa manajemen efisiensi, inovasi produk, dan pelayanan prima memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan para pelanggan.

“Kami yakin bahwa Bank Sumsel Babel akan terus menunjukkan kinerja yang positif dan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan,” ujar Achmad Syamsudin kepada TrustNews.

Tak hanya menjaga trend pertumbuhan, menurutnya, Bank Sumsel Babel terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan dinamis di sektor perbankan guna memberikan layanan terbaik kepada nasabah. Hal ini juga menjadi focus perusahan mengarungi tahun 2024.

“Dalam rangka menjaga keberlanjutan kinerja yang solid, Bank Sumsel Babel terus melakukan transformasi di tiga area, yakni bisnis, system dan kualitas sumber daya manusia SDM. BSB sangat fokus dengan menyiapkan talent-talent terbaik dengan memberikan pelatihan dan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme karyawan,” ujarnya

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi nasabah, serta menjadi mitra strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung,” tambahnya.

Begitu juga dengan trend transformasi digital, dipastikannya, akan tetap meningkatkan proses digital culture di sepanjang 2024 yang juga sejalan dengan Budaya Kerja Bank Sumsel Babel PACAK (Profesional, Amanah, Costumer Focus, AGILITY, Kolaboratif). Dimana Para BSB Nian akan selalu adaftif dengan perkembangan teknologi.

“Sejalan juga dengan misi Bank Sumsel Babel untuk menjadi penggerak perekonomian daerah, Bank Sumsel Babel terus melakukan pengembangan bisnis dan fungsi operasional yang dilakukan dengan peningkatan kapabilitas dan enablers melalui segmen ritel, segmen UMKM, serta segmenkomersial dan korporasi,” tegasnya.

Dengan segala upaya yang dilakukan,dirinya mengaku optimis meski kondisi perekonomian nasional di 2024 masih terhimpit dengan berbagai tantangan mulai dari ketidakpastian dan perlambatan ekonomi global, hingga suku bunga acuan domestik yang masih tinggi hingga pertengahan 2024

. Selain itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi cenderung stagnan di sekitar 5%. Investasi dan program pemerintah cenderung standstill di periode Pemilu, konsumsi akan menjadi motor pertumbuhan didukung peningkatan anggaran Bansos.

“Bank Sumsel Babel optimis akan tetap resilience dan mampu tumbuh berkelanjutan, didukung dengan peningkatan kualitas proses manajemen risiko dan pengawasan terhadap pelaksanaan pemisahan tugas, dual control serta four eyes principle yang lebih maksimal,” pungkasnya.