trustnews.id

Sosialisasi Empat Pilar Di Lubuk Linggau, Edhy Prabowo, Anggota MPR RI, Mengangkat Tema:
Sosialisasi Empat Pilar Di Lubuk Linggau, Edhy Prabowo, Anggota MPR RI, Mengangkat Tema:" Menginterpretasikan Terhadap Nilai-nilai Dan Fungsi Pancasila "

 Seminar Sosialisasi Empat Pilar dengan Tema :" Menginterpretasikan Terhadap Nilai-nilai Dan Fubgsi Pancasila ", di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Minggu(19/5/2019), dalam pembukaan Seminar, Anggota MPR RI,  Edhy menyampaikan bahwa  Indonesia saat ini bisa kita katakan dalam proses reformasi untuk menetapkan kembali nilai-nilai Pancasila. Namun, masih banyaknya kekecewaan masyarakat kepada instansi-instansi pemerintahan. Hal ini di tandai dengan masih banyaknya penyimpangan-penyimpangan terutama dalam pemikiran politik kenegaraan, serta dalam pelaksanaan pemerintahan yang dapat kita rasakan pada saat sekarang ini. Bukti-bukti itu sangat jelas karna maraknya tindakan kolusi, korupsi, dan nepotisme, serta pemaanfaatan hukum sebagai alat legitimasi kekuasaan dan menyingkirkan lawan-lawan politik dan ekonomisnya. Sehingga dapat menimbulkan konflik-konflik vertikal maupun horisontal. Konflik vertikal misalnya; antara sikuat dengan silemah, antara penguasa dan rakyat, antara mayoritas dan minoritas, dan sebagainya. Sementara itu konflik horisontal di tunjukkan misalnya; konflik antarumat beragama, antarsuku, antarras, antargolongan, dan sebagainya. 
Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa Indonesia secara umum dan pemerintah secara khusus perlu kita reformasi dengan baik agar nilai-nilai dan pelaksanaan Pancasila sesuai dengan isi Pancasila itu sendiri. Namun, pelaksanaan reformasi tentu tidak semudah seperti yang kita bayangkan, karna reformasi membutuhkan waktu dan melalui proses dalam pelaksanaanya. Agar reformasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik, maka kita sebagai Generasi-Generasi Baru atau Penerus Bangsa ini harus terlebih dahulu menerapkan nilai-nilai Pancasila pada diri kita masing-masing, serta memahami nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Karena apapun yang ingin kita lakukan agar mendapatkan hasil yang baik haruslah diawali dengan pemahaman. 

Demikianlah secara garis besar pembukaan singkat yang dibawakan oleh Bapak Edhy terkait penjelasan pentingnya memahami Pancasila. Sosialisasi yang diselenggarakan Bapak Edhy Prabowo mengundang tokoh-tokoh Masyarakat serta Kelompok-kelompok masyarakat dan lain sebagainya dari Lubuk Linggau dengan jumlah secara keseluruhan adalah 150 orang. 

Setelah Bapak Edhy Prabowo membahas tentang empat pilar, dalam sesi tanya jawab selanjutnya dalam seminar kali. Dalam sesi tanya jawab tersebut, Edhy Prabowo menjawab beberapa pertanyaan dari masyarakat Lubuk Linggau terkait dengan pentingnya empat pilar terhadap perkembangan bangsa serta serangan budaya asing yang semakin lama mempengaruhi kesadaran nasionalisme bangsa Indonesia.  

Dalam penutup seminar kali ini, Anggota MPR RI, Edhy Prabowo menuturkan perlu adanya penataan kembali pada instilasi-instilasi pemerintahan agar konflik-konflik yang ada dapat diatasi. Seperti yang kita ketahui bahwa ini merupakan masah yang mencangkup banyak organisasi, alangkah baiknya kita melakukan Reformasi terhadap diri kita masing-masing, karena dengan demikian akan tercipta Generasi-Generasi Penerus dan memiliki cikal bakal Pancasila. Kami yakin bahwa orang yang mengerti arti Pancasila lebih berprikemanusian dari pada orang yang tidak memahami nilai-nilai Pancasila.


Sosialisasi dengan mengangkat Tema: “Menginterpretasikan Terhadap Nilai- nilai dan Fungsi Pancasila”, diselenggarakan Edhy Prabowo mengundang 150 tokoh-tokoh Masyarakat serta kelompok/perkumpulan masyarakat dan lain sebagainya dari Lubuk Linggau. (Red)