trustnews.id

Pesona Perpanduan Keindahan Alam dan Ragam Keunikan
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Dieng Culture Festival akan diselenggarakan kembali pada 2024. Mengacu pada jadwal yang tertera dalam Jawa Tengah Calender of Events 2024, acara tahunan yang digelar di Dataran Tinggi Dieng itu akan diadakan pada 23-25 Agustus 2024. Acara akan dipusatkan di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Acara yang banyak dinanti-nantikan oleh wisatawan ini memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Pada Dieng Culture Festival 2024 ini bakal ada pertunjukan musik jaz, pelepasan lampion, kembang api, pameran UMKM, dan pertunjukan kesenian tradisional. Puncak dari acara ini adalah ritual cukur rambut gimbal anak gembel Dieng atau dikenal dengan Ruwatan Rambut Gimbal.

Ruwatan Rambut Gimbal merupakan acara pemotongan rambut gimbal anak-anak berambut gimbal di Dieng. Anak-anak berambut gimbal ini dipercaya sebagai titipan penguasa alam gaib dan rambutnya baru bisa dipotong setelah permintaannya dipenuhi.

Pesona DCF memang tak pernah pudar untuk menjaring antusiasme masyarakat dari berbagai penjuru daerah untuk datang ke lokasi acara event yang sudah terselenggara di kawasan Candi Arjuna Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah.  

DCF sendiri telah masuk dalam 110 kalender Kharisma Event Nusantara (KEN). Event pariwisata yang lolos dalam KEN 2022 ini merupakan event terbaik yang terkurasi oleh tim dengan penuh kehati-hatian.

Jika dikelola dengan baik diharapkan ini akan menjadi event internasional. Kualitasnya kan akan terus ditingkatkan dan aspek keberlanjutannya diperluas. Harus ada side event sehingga menjadi daya tarik tambahan, seperti The Sundance Film Festival di Amerika Serikat yang lengkap sehingga wisatawan banyak punya pilihan untuk menikmati produk-produk ekonomi kreatif.

DCF 2022 juga merupakan momen spesial bagi Kawasan Wisata Dieng. Apalagi Dieng telah berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dua kali berturut-turut.

Ini adalah bentuk kolaborasi yang menghadirkan kepulihan yang lebih cepat, kebangkitan yang lebih kuat, dalam rangka penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru yang berkualitas tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru tahun 2024.