trustnews.id

Pesta Olahraga Rakyat untuk Mendongkrak Sektor Pariwisata dan Ekonomi Jawa Tengah
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sepertinya tidak kehabisan ide untuk mendongkrak potensi wisata yang dimilikinya guna menunjang perputaran roda perekonomian daerah. Satu di antaranya, seperti yang dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana beserta jajaranya.

Belum lama ini, mantan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri itu meluncurkan  Jawa Tengah Sport Tourism Event (Specta) 2024 di Mall Tentrem, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/4/2024). 

Peluncuran ini ditandai dengan permainan elektronik Mobile Legend, yang diikuti Nana Sudjana dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.“Kita harapkan di samping mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, kita pun bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata," ujar tegas figur yang dikenal memliki ide-ide briliant tersebut. Nana, Senin (22/4/2024).

Specta 2024 berisi beberapa kompetisi dari 14 cabang olahraga, baik bersifat nasional maupun internasional, di antaranya kompetisi bola voli, electronic sport (e-sport), offroad, tenis lapangan, tenis meja. Ada juga half marathon, muaythai, triathlon, yoga, zumba, mountain bike (MTB), sepak bola, gerak jalan, Borobudur Marathon, dan layang gantung (gantole). "Dari 14 ini, ada dua cabang olahraga yang sudah dipertandingkan. Pertama, bola voli yang dilaksanakan pada Januari, event itu bersifat nasional. Kedua, National e-sport Competition yang dilaksanakan di Mall Tentrem Semarang ini," ujarnya. 

Khusus National e-Sport Competition, Nana memberikan apresiasi penuh. Pasalnya, event ini menghadirkan 600 tim dengan total 3.600 player dari Jateng dan beberapa daerah lainnya seperti Jawa Timur (Jatim), Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, hingga Kalimantan.

Sebelumnya, masih dalam Event Specta 2024, Nana dan jajarannya membuka kompetisi tenis meja,  bertajuk Jateng Pingpong 2024, di GOR Jatidiri, Kota Semarang, Kamis (16/5).

“Kegiatan ini diikuti oleh atlet dari berbagai daerah termasuk dari mancanegara. Pesertanya ada 1.140 peserta. Dari Jawa, luar provinsi, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan. Tambah spektakuler lagi diikuti atlet dari Vietnam, Malaysia, dan Filipina,” kata Nana seusai membuka event itu.

Menurut Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng, Agung Hariyadi, para atlet siap bertanding memperebutkan penghargaan menjadi yang terbaik. 

Tercatat, ada beberapa nomor yang dipertandingkan, yaitu nomor under 10 (U-10) putra dan putri, U-12 putra dan putri, U-15 putra dan putri, U-18, tunggal umum putra, tunggal umum putri, veteran, dan ganda campuran.

“Dari luar negeri ada Malaysia itu lima peserta, Vietnam ada dua peserta, dan enam peserta dari Filipina,” jelas Agung.

Adapun untuk medali yang diperebutkan ada 12 emas, 12 perak, dan 24 perunggu. Agung juga menyinggung, dari event itu, sekitar 15 hotel di Kota Semarang dipenuhi para peserta. Dan satu hotel di Kabupaten Semarang juga ditempati peserta.

Event tersebut merupakan bagian dari 14 event Specta, dengan lima event telah dilakukan. Disampaikannya, setiap event penyelenggaraannya kian semarak. Kegiatan tersebut tidak sekadar event olahraga, tapi juga dimanfaatkan untuk wisata.

Ia berharap, kegiatan itu mampu melahirkan jiwa kedisiplinan, menghargai satu sama lain, dan menyiapkan atlet dalam menghadapi event yang lebih bergengsi.

Dalam pembukaan kegiatan, diramaikan oleh komedian Bedu dan Abdel, Difarina dan Gilga Sahid berikut Gildcoustic. Acara berlangsung meriah, yang juga dihadiri oleh Sekda Jateng Sumarno, Kepala OPD Provinsi, Forkopimda dan lainnya.