trustnews.id

Konsisten Jalankan Program CSR Inovatif dan Berkelanjutan, Group PT Pertamina Hulu Indonesia Raih Pengakuan Nasional Dan Internasional
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) merupakan bagian Subholding Upstream Pertamina yang mengelola operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Regional 3 Kalimantan. Tahun 2023 lalu, melalui anak perusahaan dan afiliasinya yang bekerja sama dengan SKK Migas, PHI mencatatkan produksi minyak sebesar 62,17 ribu barel minyak per hari (MBOPD) produksi gas sebesar 710 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD). Dalam mencapai visinya menjadi perusahaan migas kelas dunia, PHI terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, andal, patuh, dan ramah lingkungan untuk mendukung ketahanan energi nasional sejalan dengan tagline perusahaan #EnergiKalimantanUntukIndonesia. PHI berkantor pusat di Jakarta. Informasi lebih lanjut tentang PHI tersedia di https://phi.pertamina. com.

PHI bersama anak perusahaannya juga berinvestasi dalam program pengembangan masyarakat sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Langkah strategis ini bertujuan mendukung pengembangan dan kemandirian masyarakat, selaras dengan pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Di PHI, perencanaan dan pengembangan program CSR didasarkan pada hasil pemetaan sosial desa-desa di wilayah operasi Perusahaan guna memastikan dampak positif dan keberlanjutannya. Program CSR di Grup PHI meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, tanggap darurat bencana dan studi. Manager Communication Relations & CID PHI Dony Indrawan menjelaskan, Perusahaan melaksanakan program CSR yang inovatif sebagai wujud komitmen Perusahaan dalam menerapkan prinsipprinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). ”Kami juga menjalankan program pengelolaan lingkungan sesuai komitmen Perusahaan untuk mengurangi emisi karbon, melakukan efisiensi energi, dan konservasi lingkungan, serta mendukung kebijakan transisi energi Pertamina dan net zero emission di tahun 2060,” tutur Dony. Inovasi sosial dan lingkungan dalam program CSR Perusahaan memberikan dampak signifikan dan berkelanjutan bagi masyarakat. Hasil studi kepuasan masyarakat, evaluasi program, survei, dan feedback pemangku kepentingan menunjukkan manfaat dan dampak yang nyata program CSR Perusahaan bagi masyarakat dan lingkungan. ”Kami percaya bahwa keberhasilan program CSR Perusahaan merupakan buah kolaborasi Perusahaan dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama masyarakat dan pemerintah,” papar Dony. PHI berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat, UMKM, dan BUMDes dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program CSR di wilayah operasi Perusahaan. Pengakuan terhadap program CSR Perusahaan juga dibuktikan melalui keberhasilan Grup PHI dalam meraih berbagai penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2023 lalu, Grup PHI meraih 47 perhargaan tingkat nasional dan enam penghargaan internasional.

PROPER Emas 2023 dari KLHK

Sejalan dengan kebijakan PT Pertamina (Persero) dalam transisi energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca menuju net zero emission di tahun 2060, PHI terus melaksanakan langkah-langkah pengelolaan operasi migas yang selamat, efektif, patuh dan ramah lingkungan. Selain melakukan inovasi dalam lindung lingkungan, PHI juga menerapkan beragam inovasi dalam program-program pengembangan masyarakat yang berbuah penghargaan PROPER Hijau dan Emas dari pemerintah Indonesia. Penghargaan PROPER merupakan pengakuan pemerintah, melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), atas kinerja pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat.

Pada tahun 2023, tiga PROPER Emas masing-masing diraih Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field dengan Program Ekoparian Sungai Hitam Lestari;PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) dengan Program Semur Cendawan;dan PHKT Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) dengan Program Kapak Prabu yang memperoleh PROPER Emas dua tahun berturut-turut.

Sedangkan enam PROPER Hijau masing-masing diraih PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dengan Program Jaga Pesisir; PEP Tarakan Field dengan Program Akar Basah; PEP Sangatta Field Wilayah Semberah dengan Program Petani Madu Sari Alam Semberah; PEP Bunyu Field dengan Program Kampung Hijau Hidroponik;PEP Bunyu Field dengan Program Kampung Hijau Hidroponik; danPEP Tanjung dengan Program Kuas Jirak.

Komitmen tinggi PHI dalam pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat dijalankan secara konsisten yang ditunjukkan oleh keberhasilan Grup PHI menerima 5 dan 4 penghargaan PROPER Emas pada dua tahun sebelumnya secara berturut-turut.

Kutai Kartanegara CSR Award 2023

Kinerja program pengembangan masyarakat atau CSR Grup PHI mendapatkan pengakuan dari Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dalam ajang Kukar CSR Award 2023. PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) menerima dua penghargaan Gold, masing-masing kategori Economic untuk Program Balanipa dan kategori Biosphere untuk Program Jaga Pesisir Kita (Japes). Apresiasi Gold juga diraih oleh PHM untuk kategori Biosphere melalui Program Konservasi Endemik Pesut Mahakam (Komik Pesut).

Kemudian untuk dua penghargaan Silver masing-masing diperoleh PHSS pada kategori Economic untuk Program Less Energy More Results (LERES) dan Pertamina EP (PEP) Sangasanga pada kategori Economic untuk Program Tante Siska.

La Tofi CSR Award 2024

Dari lembaga swasta nasional, dua anak perusahaan PHI, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dan Pertamina EP Bunyu Field, menerima penghargaan kategori Pengembangan UKM Kelompok Petani/ Nelayan dalam ajang penghargaan internasional La Tofi CSR Award 2024. PHKT melalui Program Kelompok Tani Kampung Kopi Luwak Desa Prangat Baru (Kapak Prabu) dan Program Semai Jamur dengan Cerdas dan Berwawasan Pangan (Semur Cendawan); sedangkan PEP Bunyu Field melalui pengembangan UKM kelompok pemuda/ mahasiswa dengan Program Yang Muda Yang Berdaya. Para pemenang ajang ini mendapatkan kesempatan untuk mengemban pendidikan atau sertifikasi terkait CSR.

Local Hero Inspirations Awards 2024

Habir, salah seorang mitra dalam program CSR Pertamina EP (PEP) Tarakan Field, berhasil menembus posisi enam besar nasional pada ajang Local Hero Inspirations Awards yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup  dan Kehutanan (KLHK).

Habir terpilih di antara ratusan pejuang program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan dari seluruh Indonesia. Habir merupakan tokoh masyarakat yang menjadi mitra pemberdayaan masyarakat PEP Tarakan Field dalam Program Aliansi Kerja Bebas Sampah (Akar Basah), sebuah program daur ulang sampah botol plastik untuk petani rumput laut di Pantai Mamolo, Tanjung Harapan, Nunukan, Kalimantan Utara. Sebagai salah satu daerah penghasil rumput laut terbesar di Indonesia, Kabupaten Nunukan menghadapi masalah limbah botol plastik yang dijadikan sebagai pelampung pertanian rumput laut.

CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024

Kepedulian Grup PHI terhadap pengembangan bisnis lokal dalam mendorong percepatan pembangunan desa membuahkan penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). PHM meraih penghargaan kategori Emas dalam ajang CSR & Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024 berkat dukungan terhadap pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di wilayah operasi perusahaan.

Sedangkan PHSS meraih dua penghargaan, masing-masing kategori Emas dan Perak, melalui Program Water Supply System (WSS) Desa Saliki dan Program RULIKA: Kampung Literasi Kreatif di Desa Beringin Agung.

Pada Juni 2023, Program Wasteco mendapatkan Hak Paten dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atas Peralatan Optimalisasi Gas Methane Sampah dengan Menggunakan Wasteco.

PRIA Awards 2024

Tidak hanya dari sisi pelaksanaan program, Grup PHI juga memperoleh penghargaan dari sisi pengomunikasian program CSR melalui ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) dalam kategori Program Komunikasi CSR, Program PR, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Owned Media, dan Best Presenter PRIA. Grup PHI memborong 12 penghargaan dalam ajang tahunan nasional ini.

The 15th Global CSR & ESG Summit & Awards 2023

Pengakuan atas keberhasilan program pengembangan masyarakat PHI tidak hanya datang dari pemerintah atau lembaga nasional saja. Di tahun lalu saja, dua program yang dijalankan anak perusahaan PHI, yakni PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Platinum pada ajang The 15th Global CSR & ESG Summit & Awards 2023 di Kota Da Nang, Vietnam.

Kedua program unggulan tersebut adalah Program Konservasi Endemik Pesut Mahakam (Komik Pesut) dan Program Waste to Energy for Community (Wasteco). Program Komik Pesut merupakan program konservasi Pesut Mahakam yang saat ini berstatus critically endangered dan tinggal tersisa 85 ekor. 

Program ini mengintegrasikan kegiatan konservasi satwa dan pemberdayaan masyarakat melalui sektor wisata berbasis komunitas di Desa Pela, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Perusahaan berkolaborasi dengan Pokdarwis Bekayuh Baumbai Bebudaya, Yayasan Konservasi Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI), dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Sedangkan Program Wasteco merupakan bagian dari inisiatif Desa Energi Berdikari (DEB) Pertamina guna mendukung upaya transisi energi nasional melalui pemanfaatan sumber Energi Baru & Terbarukan (EBT) berupa gas methane yang dihasilkan sampah domestik/ organik di TPAS Manggar, Balikpapan. Program Wasteco mengintegrasikan kompetensi inti Perusahaan --berupa keahlian dalam teknik penangkapan dan penyaluran gas-- ke dalam program pemberdayaan masyarakat.

PHM bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan. Inovasi Wasteco kini telah direplikasi di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya Desa Taro, Kabupaten Gianyar, Bali, untuk pemanfaatan kegiatan UMKM Pokdarwis.

The 16th Annual Global CSR & ESG Award 2024

PHM menerima penghargaan kategori Excellence in Provision of Literacy & Education untuk Program Sekolah Negeri Terapung dalam ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Award 2024 di Hanoi, Vietnam, pada April 2024. Ratusan peserta yang hadir adalah para pakar, praktisi, dan akademisi bidang keberlanjutan dari negaranegara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Philipina, Thailand, dan Kamboja.

Program Sekolah Negeri Terapung berlokasi di pesisir Delta Mahakam, Kalimantan Timur, dan berdekatan dengan wilayah operasi PHM. Program ini mencakup enam sekolah SD dan SMP untuk mengatasi ketimpangan jenjang pendidikan di wilayah terpencil. Fokus program ini adalah peningkatan kapasitas guru dan kegiatan pembelajaran siswa, peningkatan sarana prasarana pendidikan, pendampingan sarjana pesisir, serta pengembangan EBT sebagai sumber energi sekolah.

Di balik berbagai keberhasilan dan pencapaian yang diperoleh, PHI terus melakukan langkah-langkah strategis untuk memastikan operasi hulu migas yang menjadi bisnis utamanya, tetap dapat dijalankan dengan kinerja terbaik. Beragam inovasi dan penerapan teknologi terus dijalankan untuk mempertahankan tingkat produksi yang penting dalam mendukung target produksi migas nasional. PHI percaya bahwa dukungan seluruh pemangku kepentingan menjadi salah-satu elemen terpenting dalam mencapaia keberhasilan perusahaan saat ini dan di tahun-tahun mendatang untuk mewujudkan Energi Kalimantan Untuk Indonesia.