trustnews.id

SUCOFINDO, Adaptif Memberikan Pelayanan Bagi Pelaku Usaha

TRUSTNEWS.ID,. - Sejak bergabung dengan Holding BUMN Jasa Survei (IDSurvey), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan PT Surveyor Indonesia, PT SUCOFINDO semakin meningkatkan peran dan pelayanannya. Saat ini, bisnis perusahaan yang berdiri sejak 22 Oktober 1956 tersebut, bergerak di bidang jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi. Semua bidang jasa pelayanan tersebut masuk dalam sektor pertanian, Kehutanan, Pertambangan (Migas dan Nonmigas), Konstruksi, Industri Pengolahan, Kelautan, Perikanan, Pemerintah, Transportasi, Sistem Informatika dan Energi Terbarukan. SUCOFINDO juga menyediakan beragam layanan seperti warehousing dan forwarding, analytical laboratories, industrial and marine engineering, fumigation, dan industrial hygiene.

Tentunya, dalam menjaga irama bisnis di tengah dinamika persaingan saat ini yang semakin ketat, tidaklah mudah. Namun perusahaan inspeksi pertama di Indonesia itu berkomitmen selalu adaptif dalam memberikan pelayanan guna memenuhi kebutuhan pelaku usaha, seperti transformasi digital untuk Jasa TIC (Testing, Inspection, Certification). Upaya ini dilakukan sematamata untuk menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan.

Transformasi digitalisasi ini direalisasikan di tiap proses bisnis sehingga memberikan efisiensi kepada pelanggan. Selain itu, SUCOFINDO juga mampu melayani kebutuhan pelanggan untuk mengimplementasikan keberlanjutan lingkungan, khususnya dalam validasi dan verifikasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Nilai Ekonomi Karbon (NEK) bursa karbon.

Di sisi lain, SUCOFINDO memiliki layanan jasa di bidang ESG improvement dan consultation yang dapat membantu para pelaku usaha meningkatkan awareness serta reputasi perusahaan terhadap ESG rating sesuai kebutuhan investor dan/ atau penjamin dana investasi pada tahap implementasi ESG Roadmap, serta assurance untuk laporan berkelanjutan.

Kemudian, SUCOFINDO juga mampu mendukung dalam layanan konsultansi sustainable mining, Audit Energi, konsultansi di bidang Energi Baru Terbarukan (EBT), Green Project Management, Sertifikasi Industri Hijau, Environmental Laboratory, Sertifikasi GGL (Green Gold Label), serta Waste Management Solutions.

Dalam mewujudkan itu semua, SUCOFINDO juga mengandalkan sumber daya manusia (SDM) yang andal. Seluruh SDM-nya dibekali berbagai program penguatan kapasitas, seperti resertifikasi, brevet, program penunjang karir, SDP (SUCOFINDO Development Program), beasiswa, short courses dan festival inovasi.