trustnews.id

Wamen ESDM Tutup Secara Resmi Program Magang Tingkat Manajerial Sektor ESDM ASN KESDM 2019
Wamen ESDM Tutup Secara Resmi Program Magang Tingkat Manajerial Sektor ESDM ASN KESDM 2019.

Usai para peserta magang (80 peserta) mengikuti beberapa tahapan magang tingkat manajerial di sektor ESDM selama kurang lebih tiga bulanan, Wamen ESDM  Arcanda Tahar secara resmi  telah menutup program magang tingkat manajerial tahun 2019  di Ruang Sarulla, Setjen KESDM sore ini Senin (07/10).

Program magang manajerial itu sendiri dirancang dan ditujukan bagi  para administrator (eselon 3) dan para pengawas (eselon 4) di lingkungan KESDM dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan dan profisiensi pada level manajerial. Para peserta magang juga usai mengikuti proses magang di sektor ESDM di 15 BU/ BUT (PLN, Pertamina, Freeport dll) selama 10 hari. 

Menurut Kepala BPSDM ESDM Wiratmaja dalam laporannya, magang manajerial merupakan wahana untuk meningkatkan kapabilitas para pejabat  lingkungan KESDM di sektor ESDM. "Magang manajerial diselenggarakan untuk meningkatkan kapabilitas para pejabat di KESDM terkait sektor ESDM" imbuhnya. 

Sementara itu dalam sambutannya yang dihadiri para pimpinan lembaga tinggi negara, para pimpinan BU/BUT, KESDM dan seluruh peserta magang, Arcandra Tahar menyatakan seseorang tidak akan tumbuh dengan baik tanpa adanya pembinaan yang baik. "Seorang pegawai tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya pembinaan yang baik" ujar pria asli Minang tersebut. 

Ia lalu menegaskan para peserta magang manajerial harus bisa belajar dan merasakan empati atas proses-proses bisnis yang berjalan di BU/BUT. 

Wamen ESDM juga mengadakan sesi tanya jawab dengan para pimpinan BU/BUT untuk menggali keefektifan program dan hal-hal positif dari program magang managerial. 

Sebagai tambahan, para peserta magang manajerial telah mengikuti peminatan seperti : human capital, supply change management, leadership, financial management dan project management. 

Dan sebagai prasyarat kelulusan program magang level manajerial, para peserta magang diharuskan membuat laporan akhir dan menyajikan hasil magang nya kepada para coach, penguji dan mentor di PPSDM Aparatur. Kumpulan tulisan para peserta lalu diserahkan kepada Wamen ESDM dalam bentuk kumpulan prosiding tulisan ilmiah.