trustnews.id

Siap Hadapi Tantangan Tranformasi, PLN Nusa Daya Tumbuh Signifikan
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. — Mengusung visi menjadi perusahaan pengelola asset ketenagalistrikan terkemuka di wilayah tengah dan timur Indonesia dan tumbuh berkelanjutan serta mendukung PLN Holding berperan aktif dalam mendukung visi PLN menjadi Perusahaan Global Top 500 dan no #1 pilihan Pelanggan untuk solusi Energi, PLN Nusa Daya menjalankan transformasi 2.0 melalui 20 moonshot dalam RJP 2024-2028, yang bersumber dari 4 Moonshot yaitu Growth Moonshot, Digital Moonshot, NZE Moonshot, dan Launchpad Moonshot.

Feby Joko Priharto selaku Direktur Utama PLN Nusa Daya menyampaikan bahwa selain menjadi perusahaan Global Top 500 dengan standar pelayanan world class, PLN juga mengharapkan dapat mewujudkan ekspansi bisnis tingkat dunia yang tetap mengakar serta dapat melayani rakyat Indonesia dengan energi berkeadilan.

Cita-cita ini sejalan dengan tugas PLN Nusa Daya dalam melayani pelanggan dari Tengah dan Timur Indonesia demi mewujudkan listrik yang berkeadilan.

Melalui program transformasi Growth Moonshot PLN Nusa Daya berhasil mengakselerasi pertumbuhan bisnis dengan meraih revenue yang tumbuh positif sebesar 1,46 T pada Semester I tahun 2024, meningkat 28% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dukungan penuh dari PLN terasa nyata dengan terus mengalirnya penugasan kepada PLN Nusa Daya semakin meningkatkan motivasi dan memberikan semangat tersendiri bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis yang berdasarkan dari Excellence Performance.

Feby menjelaskan, Launchpad Moonshot PLN Nusa Daya berasal dari penugasan mengelola Asset Management Contract (AMC) Pembangkit serta penugasan lain yang tak kalah penting yaitu menyediakan Sewa Mesin Pembangkit dengan total di atas 150 MW untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan demi terciptanya kenyamanan pelanggan PLN dalam segala aktivitas.

"AMC PLTD Holding adalah proses yang sistematis, terstruktur dan berkesinambungan dalam mengelola aset PLTD Holding untuk mengoptimalkan kinerja, risiko dan biaya sepanjang life cycle nya, artinya PLN Nusa Daya diberikan kepercayaan mengelola asset berupa PLTD supaya dapat memenuhi efektivitas kinerja mesin, pengendalian resiko serta efisiensi biaya dalam pengelolaan yang dituangkan dalam pencapaian Service Level Agreement (SLA)," terang Feby meyakinkan.

Tidak cukup hanya itu, PLN Nusa Daya juga mendukung penuh program yang dikedepankan PLN, yakni transisi energi. Sebagai bagian dari PLN Group, korporasi terus mengembangkan kompetensinya melalui pemberian solusi melalui inovasi sistem hibridisasi pembangkit, sebagai upaya mencapai net zero emission tahun 2060.

“Sistem hibridisasi pembangkit akan diterapkan pada pulau-pulau terpencil dengan sistem kelistrikan yang terisolir dan masih menggunakan PLTD sebagai penunjang kelistrikan,” tegas Feby.

Saat ini PLN Nusa Daya telah memulai program hibridisasi PLTD menggunakan PLTS yang dilengkap Battery Energy Storage System (BESS). Program hibridisasi ini ditujukan untuk pengurangan penggunaan BBM Diesel dan tentunya mengurangi emisi karbon dari PLTD.

“Saat ini kami telah menyelesaikan proyek hibridisasi, dengan konsep Green, Smart, Beautiful di Kawasan Wisata Maratua Kabupaten Berau dengan kapasitas terpasang 300 KWp ditambah BESS 600 kWh yang dilengkapi Energy Monitoring System (EMS) untuk monitoring operasi pembangkit serta pengaturan sistem operasi secara otomatis juga Internet of Thing (IoT) untuk pengendalian BBM. Ke depannya hibridisasi PLTD-PLTS ini bertahap akan kami ekspansi ke semua wilayah kerja PLN Nusa Daya”, terang Feby.

Maratua dipilih sebagai program hibridisasi pertama sekaligus juga menjadi contoh pulau bersih yang mencerminkan hasil dari program transformasi yang diterapkan PLN dan menjadi acuan bagi PLN Nusa Daya dalam mengimplementasikan program Net Zero Emissions (NZE) moonshot.

Selain itu program ini dijalankan PLN Nusa Daya untuk memastikan peta jalan transisi energi bukan hanya untuk mengurangi emisi dan menjadikannya nol di tahun 2060, tetapi juga mampu menjadi pendorong kemajuan yang menyejahterakan masyarakat serta mengembangkan kawasan baru berbasis EBT sebagai pusat ekonomi hijau dunia. (TN) Melalui Digital Moonshot, PLN Nusa Daya saat ini tengah membangun ekosistem digital berbasis Big Data dan Artificial Intelligent.

Salah satunya dengan pengendalian penggunaan material, mulai dari perencanaan kebutuhan, system pemesanan sampai dengan pemasangan dapat dipantau serta di evaluasi secara online.

Langkah ini membuat PLN Nusa Daya, menatap masa depan dengan bertransformasi menjadi perusahaan pelayanan kelistrikan dengan teknologi digital berbasis inovasi.

Semangat yang luar biasa dari Pucuk pimpinan hingga pegawai di ujung tombak layanan, membuat PLN Nusa Daya yakin dengan penerapan program moonshoot di atas akan mampu mengulang pencapaian yang luar biasa di akhir tahun ini.

“Dengan adanya potensi pendapatan lain yang ditugaskan dari PLN serta Non PLN Group kami yakin dan optimis target tahun ini akan terlampaui.” tutup Feby.