trustnews.id

Potret Polbangtan Bogor Godog Tenaga Andal Dan Teknologi Pertanian
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. — Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor punya peran strategis dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan daya saing bangsa. Apalagi, di era globalisasi dewasa ini  pendidikan tinggi Pertanian seperti halnya Polbangtan Bogor, dinilai punya peran strategis, terutama  sebagai ujung tombak pengembangan teknologi pertanian untuk mendukung kedaulatan pangan nasional.

“Polbangtan Bogor sebagai Pendidikan Tinggi merupakan penyedia dan penghasil sumber daya manusia, termasuk sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian melalui pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,” ungkap Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Yoyon Haryanto, SST, MP, IPM dalam keterangan tertulisnya kepada Trustnews belum lama ini.

Untuk itu guna mempersiapkan tenaga andal di bidang pertanian dan teknologi tersebut,  Polbangtan Bogor mengembangkan strategi khusus dengan menyelenggarakan Pendidikan Vokasi berbasis Kompetensi. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menunjang strategi tersebut di antaranya melalui  transformasi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor sebagai adaptasi kelembagaan penyelenggara pendidikan vokasi dengan tujuan menghasilkan lulusan yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Selain itu ada juga peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan untuk menghasilkan lulusan yang menjadi wirausaha pertanian dan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan dunia usaha serta dunia industri. “Di sisi lain kami juga mengembangkan kurikulum yang link and match dengan kebutuhan dunia usaha/ dunia industri. Ada juga program magang bagi lulusan pendidikan vokasi pertanian serta pengembangan jejaring kerjasama pendidikan vokasi pertanian. Penguatan SDM unggul pertanian di Polbangtan Bogor juga dilakukan melalui pelibatan SDM pada program utama Kementerian Pertanian,” terang Yoyon.

Diakuinya, keberadaan Polbangtan Bogor juga mendukung program Kementerian Pertanian yang diantaranya terdiri dari Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Perluasan Areal Tanam (PAT) melalui pompanisasi, Pengembangan Komando Strategi Pembangunan Pertanian tingkat Kecamatan (KOSTRATANI), Fasilitasi Pembiayaan, Infrastruktur, dan Alsintan (KUR, dan lain-lain) dan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan Melalui Pengembangan Kawasan Berbasis Korporasi (PROPAKTANI).

“Dukungan terhadap program-program tersebut dilakukan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Polbangtan Bogor melalui kegiatan pendampingan, pemberdayaan masyarakat, pembinaan BPP model dan PKL. Dukungan yang diberikan Polbangtan Bogor diarahkan pada sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan program-program tersebut,” pungkasnya.