trustnews.id

Jaminan Kesehatan di Masa New Normal dan Kinerja BPJS
Foto: istimewa

Hari ini, 5 Juni 2020, LP3ES bekerjasama dengan Universitas Diponegoro, akan hadir kembali menyapa publik dan mengundang kawan-kawan akademisi, jurnalis dan aktivis, dalam diskusi mingguan dengan topik yang sangat penting “Jaminan Kesehatan di Masa New Normal dan Kinerja BPJS”. 

Topik ini diangkat dengan setidaknya tiga alasan berikut: Pertama, pada masa pendemi saat ini, kesehatan dan jaminan pelayanan kesehatan merupakan isu yang penting bagi warga negara melampaui isu-isu lainnya. Satu pelayanan kesehatan yang bisa diakses setiap warga negara merupakan satu kebutuhan yang mendesak dan tak dapat ditunda lagi. Mengingat betapa pentingnya akses kesehatan ini, maka tidak mengherankan jika penelitian LP3ES bekerjasama dengan Drone Emprit menemukan bahwa berita tentang kenaikan tarif premi BPJS kesehatan menjadi peredebatan hangat di kalangan netizen selama 1 bulan terakhir.

Kedua, kaitannya dengan poin sebelumnya, maka sangat penting untuk mendengarkan penjelasan langsung dari pihak yang berkompeten dari BPJS untuk memberikan pencerahan kepada publik dan meningkatkan kepercayaan kepada pemerintah. Selain penjelasan terkait kenaikan tarif BPJS, apa yang tampaknya penting bagi publik adalah mendengar program BPJS dan langkah-langkah antisipasi yang dilakukan dalam masa pandemi ini terutama dalam menyongsong masa-masa New Normal ini.

Ketiga, topik ini penting juga untuk mengupas apa itu sesungguhnya “New Normal” dalam tinjauan akademis dan bagaimana dinamika percakapan publik terkait hal itu di media sosial. Dalam hal ini, untuk memperkaya cakrawala pandang kita pengalaman dari luar negeri juga kita hadirkan, tidak hanya untuk belajar dari pengalaman keberhasilannya namun juga kekurangan dan kegagalannya untuk kita hindari. Elemen perbandingan akan menjadi salah satu titik penting dalam diskusi kali ini. Dalam hal ini, Belanda menjadi tempat untuk belajar bukan hanya karena kedekatan sejarah kita dengan negara itu namun juga karena pertimbangan lainnya: mereka memiliki sistem jaminan kesehatan yang lebih maju namun juga tetap tak lepas dari kesulitan melawan corona.

 

PEMBICARA

Pembicara yang hadir adalah sebagai berikut:

• Didik J Rachbini; guru besar ekonomi, ekonom senior INDEF dan ketua dewan pengurus LP3ES, adalah anggota DPR yang ikut terlibat dalam proses amandemen konstitusi yang lebih mengakomodir hak asasi ekonomi dan budaya, yang kemudian menjadi dasar bagi lahirnya BPJS.

 

• Fahmi Idris; Direktur Utama BPJS yang merupakan pejabat yang berwenang dan penanggungjawab tertinggi salah satu lembaga paling penting dalam menjalankan fungsi pelayanan kesehatan di Indonesia.

• Budi Setiyono; Guru besar kebijakan publik dan sekaligus Wakil Rektor I Universitas Diponegoro, Semarang yang memiliki keahlian dalam filosofi dan praksis pelayanan publik termasuk pelayanan kesehatan dalam konteks terwujudnya negara kesejahteraan untuk mewujudkan cita-cita konstitusi.

 

• Ismail Fahmi; Direktur Drone Emprit, pakar analisa big data dan media sosial yang baru-baru ini memaparkan analisanya tentang dinamika percakapan netizen terkait konsep New Normal.

• Ward Berenschot; guru besar kewarganegaraan dan demokrasi dari Universitas Amsterdam dan memiliki keahlian tentang Indonesia. Dia akan memberikan studi komparasi kebijakan pelayanan kesehatan dan kebijakan di masa New Normal di Indonesia dan Belanda.

• Diskusi dipandu oleh Wijayanto; Direktur Center for Media and Democracy, LP3ES 

 

POIN-POIN DISKUSI

DIDIK J RACHBINI

Jaminan kesehatan adalah amanat konstitusi, namun banyak pemberitaan mereka yang covid tidak dilayani oleh BPJS. Apakah ini benar?

 

FAHMI IDRIS

 

• Selama 7 tahun ini diskusi selalu deficit, sukses story lain tertutup. Misalnya bahwa BPJS menurunkan ratio gini hingga 13-14% . BPJS juga menjamin orang tidak jatuh ke kemiskinan. Jadi ada banyak prestasi selain deficit.

 

• Tentang kenaikan harga itu hanya kelas I dan II mandiri. Kalau tidak mampu, bisa turun ke kelas III. 

 

• Pemerintah punya skema khusus untuk pengidap covid, semua dilayani dan gratis.

 

 

BUDI SETIYONO

 

• Sistem jaminan sosial kita tidak terintegrasi. Kita harus memakai konsep welfare state dan menerapkannya secara komprehensiv. Tanpa welfare state, maka kita akan selamanya tambal sulam. Kita harus merujuk pada welfare state ini, pada negara maju yang sudah ada. Kita tidak punya pendekatan sistemik yang terintegrasi tapi tambal sulam. Mengelola entitas tapi jalan sendiri-sendiri.

 

WARD BERENSCHOT

Ada hubungan anatar social security dan efektivitas penanganan covid. negara2 yg belanja sosial tinggi ternyata faltening the curve juga Cepat. Negara dengan anggaran jaminan sosialnya rendah, penangannya lambat. Anggaran Indonesia dibandingkan GDP dikomparasikan dengan negara-negara welfare state yang hanya 1/10 nya dalam jaminan sosial.

 

Mengapa anggaran jaminan sosial ini penting?

 

1. Kalau tunjangan pengangguran sedikit, orang harus keluar kerja dan rentan pada transmisi.

2. Mereka yang di kota akan pulang kampung/desa

3. kesehatan mahal, orang tidak keburu dirawat dan kena virus

 

"Istri saya yang anggota parlemen Belanda mau mengajukan tes. Tapi dokter bilang anggota parlemen menurut list di sini bukanlah pekerjaan vital. Hanya orang dengan pekerjaan vital yang bisa dapat test. Anggota parlemen tidak termasuk. Jadi memang istri saya harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan test." Ini adalah refleksi bahwa prioritas harus berdasar pada sains. 

 

 

ISMAIL FAHMI

NETIZENS indonesia adalah yang mendominasi wacana new normal di seluruh dunia. Jaringan polri banyak berperan melahirkan  trending topic. Ada upaya untuk mengkampanyekan new normal secara terstruktur dan sistematis. Sayangnya, NEW NORMAL YANG BURU-BURU ini  jutsru bikin distrust yang tinggi bahwa kita siap melakukan new normal.

 

 

LP3ES, Jakarta, 5 Juni 2020