trustnews.id

Dandim 1006 Martapura Patroli Dan Sosialisasi Langsung Ke Tempat Potensi Perkumpulan Masyarakat
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik - Meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru membuat Komandan Kodim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto yang juga sebagai Wakil Gugus Tugas Covid-19 di dua wilayah tersebut melaksanakan Patroli terkait Protokol Kesehatan secara langsung pada Tempat Karaoke, Toko Ritel Modern, Kafe dan Warung di kawasan Kota Banjarbaru, pada Rabu (10/06/2020) Dini hari.

Letkol Arm Siswo Budiarto memimpin langsung patroli untuk memberikan sosialisasi prosedur tetap (protap) pencegahan Covid-19, khususnya yang sering menjadi tempat berkumpulnya masyarakat seperti kafe dan warung.

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan mekanisme pelaksanaan oleh Pasi Intel. Dihadiri para komandan unit. Serta anggota, provost dan awak media. Kegiatan berlangsung mulai pukul 21.30 wita sampai dengan 01.00 wita dini hari.

Rombongan menyisir sepanjang jalan protokol antara Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru guna mencari masyarakat yang berkumpul dan diberikan pengarahan tentang kebiasaan baru atau new normal namun tetap produktif aman dari Covid-19. Yakni dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan atau keramaian, hingga menjaga imunitas tubuh.

"Meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah berkhir, bukan berarti kita bebas dari Covid-19, ada berapa bagian yang dilonggarkan tapi kita imbau kepada masyarakat agar lebih disiplin dalam melaksanakan protap pencegahan Covid-19,"ucap Dandim 1006 Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto

Dandim mengungukapkan masih banyak didapati anak muda yang nongkrong dan bersantai yang tidak memakai masker, bahkan tidak menjaga jarak sama sekali, sudah diberi imbauan dan tindakan kedisiplinan. Bahkan pengelola kafe atau tempat nongkrong juga mendapat teguran dan diberikan peringatan serta arahan, bahwa pengelola seharusnya ikut berperan serta membantu pemerintah memerangi Covid-19.

"Jika nanti terulang kembali ketika kami ke sini lagi dan melihat yang berkumpul disini tidak memenuhi standar protap Covid-19, kami akan rekomendasikan ke Gugus Tugas agar melakukan penutupan tempat tersebut,"tegasnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/agusoke)