trustnews.id

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Banten Melalui Layanan Kelistrikan Paripurna
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. — Provinsi Banten kini menjadi gerbang integrasi ekonomi Jawa-Sumatera dan penyangga ketahanan rantai nilai industri karena letak geografis yang strategis (diantara pulau Sumatera dan Jawa) sehingga kini Banten menjadi salah satu tujuan ekspansi perdagangan dan industri.

Hadirnya sistem kelistrikan yang andal dan berkelanjutan tentu menjadi aspek penting yang dapat mendukung masuknya investasi ke Banten.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin atau yang akrab disapa Andy Acha menjelaskan bahwa guna mendukung geliat pertumbuhan ekonomi di Banten (ease of doing business) pihaknya konsisten memberikan kemudahan layanan kelistrikan (getting electricity) khususnya bagi pelaku bisnis dan industri di Banten dalam proses Pasang Baru (PB) hingga Perubahan Daya (PD) khususnya naik daya.

“Beberapa program unggulan kami optimalkan guna meningkatkan pelayanan khususnya pelanggan bisnis dan industri, salah satunya melalui customer intimacy. Melalui program ini kami terjun langsung melakukan pendekatan kepada seluruh pelanggan eksisting hingga calon pelanggan untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan dari sisi energi. Kami akan sigap, komunikatif, dan solutif membantu pelanggan,” ungkap Andy Acha.

Tak cukup sampai disitu langkah PLN UID Banten sebagai salah satu penggerak roda perekonomian di Banten dibuktikan melalui program kerja sama akuisisi captive power, dimana PLN secara keseluruhan memasok seluruh kebutuhan listrik pelanggan yang sebelumnya memiliki pembangkit listrik mandiri. Ini membuktikan bahwa PLN masih menjadi solusi utama dalam mendukung perkembangan bisnis para pelanggan.

“Para pelanggan tidak perlu khawatir, untuk urusan kelistrikan serahkan saja kepada PLN. Pelanggan fokus saja dalam menjalankan usaha di bidangnya serta memperbesar kapasitas produksinya,” terang Andy Acha.

Apresiasi atas langkah inovatif ini disampaikan langsung oleh General Manager Bayah Plant PT Cemindo Gemilang, Dae Ho Lee. Dimana diketahui bahwa PT Cemindo Gemilang salah satu perusahaan penghasil produk semen terkemuka di tanah air yang beralih dan mempercayakan urusan kelistrikan usahanya ke PLN.

“Kami percaya bahwa dengan beralih ke listrik PLN dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan secara optimal. Kami tidak ragu mempercayakan urusan kelistrikan perusahaan kami karena kami meyakini PLN sangat responsif dan dapat diandalkan. Itu terbukti, dan kami sangat puas terhadap PLN,” ujar Dae Ho Lee.

Langkah konkret kepemimpinan Andy Acha dalam menakhodai PLN UID Banten guna mendukung pertumbuhan ekonomi di Banten diwujudkan melalui peran PLN dalam mendukung Pulih Daya pelanggan sektor bisnis dan industri. Diketahui bahwa pasca Covid-19, kini banyak pelaku bisnis dan industri yang kembali tumbuh.

Dengan jeli, Andy Acha mempercepat pihaknya mengeksekusi dan membantu para pelanggan sehingga kembali melesat menjadi market leader di sektor usahanya.

“Dengan tersedianya daya listrik yang cukup di Banten ini, kami berharap pelaku bisnis dan industri dapat dengan optimal beroperasi seperti semula bahkan jauh lebih pesat dari sebelumnya.

Semoga banyak industri yang terus tumbuh sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat sekitar. PLN siap memberikan dukungan pelayanan yang paripurna,” pungkas Andy Acha.

Sebagai seorang leader, Andy Acha menyampaikan bahwa pihaknya tidak hanya fokus dalam mendukung para pelaku bisnis dan industri. Ia menyadari bahwa Banten kini juga menjadi salah satu wilayah tujuan pemukiman, mengingat Banten adalah daerah penyangga Daerah Khusus Jakarta sebagai pusat perekonomian. Pihaknya rutin menjalin kolaborasi dan sinergi dengan para pelaku usaha pengembang perumahan seperti Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI), hingga Pengembang Indonesia (PI) bekerja sama dengan PLN Icon Plus.

“PLN terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan layanan yang memuaskan masyarakat, khususnya juga dalam sektor hunian. Kami berharap dapat menyediakan layanan kelistrikan yang andal serta layanan internet (Iconnet) berkualitas yang akan meningkatkan kenyamanan dan produktivitas masyarakat. Alhamdulillah respon pelaku usaha hingga masyarakat terkait ini sangat positif,” jelas Andy Acha.

Terakhir, Andy Acha menambahkan bahwa capaian-capaian PLN UID Bantenbsaat ini tak lepas dari upaya yang dilakukan dalam mensosialisasikan aplikasi PLN Mobile kepada masyarakat di Provinsi Banten. PLN Mobile adalah jembatan kami dengan seluruh pelanggan, seluruh ayanan kami mulai dari Pasang Baru, Perubahan Daya, Pembayaran Tagihan Listrik, Pembelian Token, Baca Meter Mandiri, hingga Pengaduan dapat diakses secara mudah, cepat, dan praktis melalui PLN Mobile. Saat ini banyak pelanggan khususnya di Banten yang puas dan rutin menggunakan PLN Mobile.

Andy Acha, pemimpin PLN UID Banten yang memiliki prinsip ‘Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangungkarso, Tut Wuri Handayani’ terbukti mampu membawa PLN UID Banten meloncat lebih tinggi dalam meraih prestasi. Kinerja PLN UID Banten juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, membawa PLN UID Banten makin Jawara.