trustnews.id

PT Taspen Gelar Sosialisasi Perlindungan JKK dan JKM Bagi Non ASN Pemkab Banjar
Foto: istimewa

Martapura,InfoPublik – PT Taspen (Persero) Cabang Banjarmasin menggelar sosialisasi Perlindungan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar.

Sosialisasi dihadiri Branch Manager PT. Taspen Cabang Banjarmasin Elflina Juliati Hutasoit yang didampingi Sekretaris Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman, di Aula Barakat Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (22/9/2020).

Branch Manager PT Taspen Cabang Banjarmasin Elflina Juliati Hutasoit mengatakan, karena adanya amanah dari Pemerintah kepada PT Taspen untuk penyelenggaraan perlindungan JKK maupun JKM kepada ASN maupun Non ASN, di mana PT Taspen sebagai wadah yang memberikan perlindungan selama masa kerja.

Non ASN itu seperti pegawai yang tidak terlihat tetapi pekerjaannya dibutuhkan, akan tetapi seringkali yang tidak terlihat ini lupa untuk tercover jaminan sosial mereka.

"Untuk itulah Pemerintah diharapkan memberikan jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian untuk pegawai Non ASN dalam hal ini yang bekerja dilingkup Pemkab Banjar,”ucap dia.

Sementara itu, Sekda Banjar HM Hilman menuturkan bahwa PT Taspen memberikan perlindungan kepada karyawannya melalui program-programnya, yaitu program JKK dan JKM yang diberikan untuk Non ASN berdasarkan aturan hukum regulasi yang sudah diatur di PP 70 Tahun 2015 dan PP 49 Tahun 2018, dengan nilai premi yang cukup kecil.

"Kalau kami total JKM 0,72% dan JKK 0,24% kurang lebih 0,69% tidak smpai 1% dipotong dari gajih. Artinya kalau kita liat diangka untuk gajih 1,5 juta untuk SMA sekitar Rp14.000,00 tidak sampai Rp15.000,00 untuk pemotongannya perbulan,“terang dia.

Ia juga menambahkan kedepan kita bisa mendapatkan informasi progam-program yang dilaksanakan PT Taspen untuk menjadi dasar kita melangkah dengan kebijakan yang diambil oleh Pemkab Banjar untuk Pegawai Non ASN yang ikut serta mengabdikan dirinya di Kabupaten Banjar. (MC Kab.Banjar/Zidane /agusoke/mey)