trustnews.id

KJUB Puspetasari TUMBUH BERSAMA NUTRIFEED
Istimewa

KJUB Puspetasari TUMBUH BERSAMA NUTRIFEED

DAERAH Kamis, 10 Maret 2022 - 08:23 WIB TN

Pandemi Covid-19 membuat para peternak sapi menjerit sebagai dampak kebijakan pembatasan sosial. Berbagai cara dilakukan KJUB Puspetasari mulai dari sosialisasi hingga bagi-bagi voucher.

Berawal dari kerjasama antara Departemen Koperasi dan Transmigrasi dengan The Cooperative League of USA (CLUSA), Koperasi Jasa Usaha Bersama (KJUB) Pusat Pelayanan Tani Sarana Mandiri (Puspetasari) tumbuh menjadi koperasi sekunder dengan produk yang dihasilkan yaitu pakan ternak (baik sapi potong, sapi perah, induk sapi hingga anak sapi) yang menggunakan trademark Nutrifeed.

Menjadikan pakan ternak sebagai produk usaha, tentu didasari bahwa usaha peternakan sapi dan kambing di Indonesia saat ini terus berkembang. Setiap tahunnya angka populasi hewan ternak tersebut menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Akan tetapi, ternyata masih banyak peternak Indonesia yang terkendala pada manajemen pengelolaan bisnis. Serta kualitas produk yang tidak standar sehingga sulit mencapai keuntungan maksimal.

Dalam pandangan Ruslan Rosidi, Direktur Utama KJUB Puspetasari, sejak awal Puspetasari melihat pakan ternak yang terbuka luas. Peluang pasar tersebut terutama dari segi geografis, daerah-daerah populasi peternakan sapi masih banyak yang belum digarap sebagai pasar sasaran.

"Selain itu masih banyak peternak yang belum menggunakan pakan tambahan berupa konsentrat. sehingga dapat menjadi sasaran pemasaran yang tepat," ujar Ruslan Rosidi.

Pilihan itu terjawab dari permintaan pasar terhadap Nutrifeed yang meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data, omzet tahun 2018 sekitar 25 ribu ton, di tahun 2019 sebesar 30 ribu ton sedangkan menginjak tahun 2020 ini mencapai 36 ribu ton/tahun.

"Nutrifeed ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu satu, kualitas terjamin. Dua, lebih palatable atau disukai ternak. Tiga, meningkatkan produktivitas. Empat, cara pemberiannya mudah. Dan lima, lebih ,menguntungkan,” paparnya.

Selain itu lanjutnya, formulasi pakan Nutrifeed disusun berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang nutrisi dan makanan ternak. Serta menggunakan sistem komputerisasi sehingga mutu serta kandungan nutrisinya dapat dipertanggungjawabkan.

Dijelaskannya, konsentrat merupakan pakan yang memiliki kandungan serat kasar rendah. Nutrisi utama dari pakan konsentrat berupa energi dan protein Konsentrat bagi ternak bermanfaat untuk meningkatkan mutu gizi pakan sehingga mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak.

Di lain sisi, dijelaskannya, sebagai koperasi sekunder, KJUB Puspetasari tercatat memiliki 9 anggota Koperasi Primer yaitu KUD Karangnongko, KUD Kemalang, KUD Manisrenggo, KUD Pedan, KUD Jatinom, Prim KOPTI Pedan, KPRI Ngesti Rahayu, KOPKAR KUSUMA, KSP Sendang Puspeta Mandiri. Mengaku bahwa pandemi Covid-19 memang telah berdampak pada harga jual sapi yang menurun dan menyebabkan peternak merugi, bahkan semangat beternak sapi menurun.

"Di paruh awal pandemi memberi dampak nyata bagi para peternak. Para peternak banyak yang menjerit karena beberapa kebijakan pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran virus. Social distancing, work from home hingga PPKM menyebabkan pasar hewan tutup. Sedangkan mereka tetap harus pelihara sapi sehingga biaya jalan terus," ujarnya.

Dalam kondisi seperti itu, koperasi yang berpusat di Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ini ikut peduli dengan membantu para peternak sapi. Caranya dengan memberikan sosialisasi untuk terus berusaha dalam menghadapi pandemi hingga pemberian hingga pemberian voucher atau potongan harga setiap pembelian Nutrifeed oleh para peternak.

"Kita selalu memberikan pembinaan dan sosialisasi terhadap UMKM khususnya peternak sapi potong, sapi perah, domba dan kambing. Di momen-momen tertentu, kita memberikan subsidi terhadap peternak-peternak binaan kita atau bantuan air bersih di saat musim kemarau, l, ujarnya.

"Begitu juga saat yang pandemi ini, KJUB Puspetasari memberikan banyak voucher kepada para peternak. Nantinya, voucher-voucher ini bisa digunakan sebagai potongan pembelian pakan ternak sapi merk Nutrifeed. sehingga bisa meringankan biaya pakan bagi para peternak mitra kita. Ini salah satu bentuk kepedulian KJUB Puspetasari,” pungkasnya. (TN)