trustnews.id

Pegadaian Kanwil XII Surabaya Perkuat Model Bisnis Masa Depan
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Bayangkan untuk Out Standing Loan – OSL (saldo uang pinjaman pegadaian) seluruh produk pembiayaan tumbuh sebesar 11,22% dari tahun sebelumnya. Jika dirupiahkan OSL Produk Pembiayaan meningkat dari Rp6,4 triliun menjadi Rp7,1 triliun. “Makanya Di akhir tahun 2023, PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya optimis dapat meningkatkan kinerja lebih tinggi lagi melalui banyak program promo di akhir tahun, guna mempertahankan pertumbuhan yang positif sampai akhir tahun,” tegas Surjo Rahardjo, Deputi Operasional PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya kepada Trustnews belum lama ini.

Dengan capaian positif ini, lanjutnya, fokus mereka ke depan bisa menjadi, ‘The leader in the gold ecosystem and accelerator of financial inclusion’ (Pemimpin dalam ekosistem emas dan akselerator inklusi keuangan). Ini tidak main-main. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Pegadaian akan menguatkan model bisnis masa depan yang akan memiliki 4 key business driver yaitu produk Gadai, Mikro, Produk keuangan lainnya, dan Bullion Services.

Dari target yang sudah ditetapkan, PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya juga terus berupaya dalam diversifikasi teknologi digital baik untuk internal dan eksternal Pegadaian. Dari sisi eksternal, saat ini pegadaian sudah meluncurkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan oleh customer untuk mempermudah transaksi seperti Pegadaian Digital Service dan Pegadaian Syariah Digital Service.

Pegadaian juga memberikan kemudahan bagi mitra (perpanjangan tangan) guna bisnis perusahaan yakni melalui Agen Pegadaian berupa aplikasi mobile Agent Pegadaian Konvensional dan Syariah. Pegadaian juga berkolaborasi dengan mitra lain dalam kerjasama produk missal dengan LINKAJA, TOKOPEDIA, dan E-Commerce lain sebagai platform pengajuan pembiayaan dan pembukaan tabungan emas yang menjadi produk unggulan dari PT Pegadaian.

“Selain dari sisi eksternal perusahaan, Kami juga mengembangkan berbagai aplikasi bagi internal Perusahaan (Pegawai) guna kebutuhan operasional dan bisnis Perusahaan. Salah satunya bekerjasama dengan Google Indonesia yang memberikan layanan corporate dengan sebutan G-Work, yang berisikan seluruh aplikasi dan penyimpanan clouds yang dapat diakses oleh seluruh karyawan di PT Pegadaian,” tandas Surjo.

PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya juga akan terus meningkatkan pelayanan melalui aplikasi Pegadaian digital yang dibuat untuk memudahkan para nasabah bertransaksi langsung melalui smartphone. Fitur layanan gadai dari rumah yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan transportasi online (gojek) guna memudahkan masyarakat untuk bertransaksi gadai tanpa harus datang ke outlet. Selain itu, pegadaian sudah memiliki 7.700 agen pegadaian yang dapat melayani pengajuan pembiayaan produk Pegadaian, baik Produk Gadai, maupun pembiayaan lainnya, yang mana agen-agen ini tersebar di seluruh wilayah jawa timur dan menjadi perpanjangan tangan dari outlet ke masyarakat.

Sekalipun punya target bisnis masa depan, semangat PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya dalam meningkatkan geliat pelaku UMKM juga tidak meredup. Sebaliknya, konsisten meningkatkan dan mengembangkan UMKM, terutama yang berada di wilayah Kanwil Surabaya. Sejumlah upaya terus dilakukan seperti di antaranya mengadakan kompetisi dan pelatihan UMKM melalui Program Gade Preneur,serta memberikan solusi pembiayaan kepada pelaku usaha UMKM melalui produk KUR Syariah dengan biaya modal yang sangat murah disertai dengan pendampingan UMKM dengan tujuan agar UMKM tersebut bisa naik kelas.

“Dengan upaya yang kami lakukan, harapannya PT. Pegadaian secara umum dan khususnya Kantor Wilayah Surabaya bisa menjadi pilihan no 1 dihati masyarakat Jawa Timur. Hadirnya beragam Produk Pembiayaan dan Investasi di Pegadaian bisa menjadi pilihan utama solusi kebutuhan dan kepercayaan keuangan masyarakat di Jawa Timur,” katanya.