trustnews.id

DPD RI SERUKAN DUKUNG PENUH EKSISTENSI KERAJAAN NUSANTARA
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyerukan kepada seluruh komponen bangsa untuk mendukung eksistensi Kerajaan Nusantara, yang banyak memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan bangsa dan negara.

Eksistensi Kerajaan Nusantara inilah yang melahirkan tradisi pemerintahan, penulisan, pendidikan, pengobatan, hingga tradisi kemiliteran, baik di darat maupun di laut. Termasuk mewariskan nilai-nilai adiluhung yang hingga saat ini masih menghiasi kehidupan masyarakat dan banyak mendapat pengakuan dunia.

Indonesia sebagai bangsa yang besar, sudah seharusnya dapat menghargai sejarah peradabannya. Karena hanya bangsa yang besar yang dapat menghargai dan menghormati sejarah peradabannya.

Keberlangsungan Indonesia tidak akan bisa dilepaskan dari peran Kerajaan–Kesultanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu, Kerajaan Nusantara harus tetap menghadirkan dirinya di tengah masyarakat sebagai bagian dari sejarah, nilai-nilai adiluhung serta adab sebagai kearifan lokal dipersatukan dalam Peradaban Nusantara.

“Saya sengaja terus menggelorakan hal ini, dengan berkeliling mengunjungi Kerajaan dan Kesultanan Nusantara, karena terus terang, sejak bangsa ini melakukan Amandemen atas UUD 1945 naskah Asli yang dilakukan pada tahun 1999 hingga 2002 silam, sistem Demokrasi Indonesia sudah berubah. Amandemen itu telah mengubah lebih dari 90 persen isi pasal-pasal di UUD 1945 naskah asli,” tegas LaNyalla.

Dirinya sengaja menggugah kesadaran publik, dengan harapan seluruh komponen bangsa ini lebih serius memikirkan masa depan Indonesia agar lebih baik. Tujuannya, agar lebih cepat untuk dapat mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa, yaitu, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. “Kita harus berani bangkit. Harus berani melakukan koreksi atas arah dan perjalanan bangsa ini. Demi Indonesia yang lebih berdaulat, berdikari dan mandiri,” tambah LaNyalla.

Maka dari itu, rakyat Indonesia harus memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada Kerajaan Nusantara yang berada di garda terdepan melawan para penjajah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pemerintah juga harus memberikan tempat yang sepatutnya kepada Kerajaan Nusantara, termasuk segenap lembagalembaga adat dan budaya Nusantara.

Pemerintah semakin menyadari bahwa Kerajaan Nusantara merupakan pewaris sejarah masa lalu, yang selama berabad-abad lampau telah memberikan sumbangsih besar dalam menjaga marwah bangsa. Memberikan sumbangsih bagi kemajuan peradaban Nusantara, khususnya peradaban saling menghargai dan menghormati sesama anak bangsa.

“DPD RI, membuka diri seluas-luasnya kepada Kerajaan dan Kesultanan Nusantara untuk menggunakan DPD RI sebagai saluran untuk menyuarakan kepentingan Para Raja dan Sultan Nusantara. Demikian pula Kerajaan Nusantara memberikan apresiasi kepada DPD RI sebagai perwakilan daerah di tingkat pusat dan mendorong penguatan kelembagaan DPD RI. Semoga perjuangan kita, untuk Indonesia yang lebih baik mendapat ridlo dari Allah SWT,” seru LaNyalla.(TN)